VIDEO: Heboh! Tiba-tiba Muncul Kuburan di TPS Sampah Sidorejo Dumai

Masyarakat Kota Dumai dihebohkan dengan keberadaan kuburan atau makam yang terletak di Jalan Sidorejo, Kelurahan Ratu Sima, Kecamatan Dumai Selatan.

Heboh! Tiba-tiba Muncul Kuburan di TPS Sampah Sidorejo Dumai

TRIBUNPEKANBARU.COM- Masyarakat Kota Dumai dihebohkan dengan keberadaan kuburan atau makam yang terletak di Jalan Sidorejo, Kelurahan Ratu Sima, Kecamatan Dumai Selatan. Kuburan ini tidak berada jauh dari lokasi Tempat Penampungan Sementara (TPS) sampah.

Bukan hanya hangat diperbincangkan masyarakat, namun hal itu juga menjadi topik hangat di media sosial. Banyak masyarakat Dumai mempertanyakan keberadaan tumpukan tanah berbentuk seperti kuburan itu dan kebenarannya.

Rian, seorang warga mengaku sempat tidak percaya atas kemunculan kuburan yang terdapat di sekitar lokasi TPS sampah di Jalan Sidorejo tersebut. Namun setelah melihat secara langsung, ternyata benar kuburan tersebut adai di lokasi itu.

"Awalnya tidak percaya melihat postingan di salah satu media sosial. Tapi setelah melihat langsung ke lokasi, ternyata benar adanya," katanya, Kamis (30/1).

Dia mengaku belum mengetahui secara pasti apakah itu benar-benar kuburan atau tidak. Apalagi, di kuburan itu juga ada papan nisa, dan di papan itu tertulis 'Alm Sam.'

Namun ada pula masyarakat yang menyebutkan bahwa kuburan itu tidak asli atau palsu. Gundukan itu sengaja dibuat menyerupai kuburan.

"Katanya itu palsu, dibuat untuk melarang masyarakat membuang sampah sembarangan. Tapi kita tidak tahu juga, dan apa tujuan sebenarnya dibuat kuburan ini," sebutnya.

Camat Dumai Selatan, Yudha Pratama Putra akhirnya mengungkapkan bahwa kuburan itu palsu, dan sengaja dibuat oleh unsur Kecamatan Dumai Selatan, sebagai bentuk teguran sosial kepada masyarakat yang masih membuang sampah sembarangan.

"Itu teguran sosial kepada masyarakat yang membuang sampah sembarangan, terutama di pinggir jalan. Seperti diketahui, saat ini banyak sampah berserakan di pinggir jalan, terutama di sekitar lokasi TPS," ungkapnya.

Dia pun menegaskan bahwa tujuan dibuatnya kuburan palsu itu semata-mata untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar membuang sampah pada tempat yang telah disediakan.

"Kita ingin mengubah mindset masyarakat agar lebih peduli dan sadar dengan kebersihan lingkungan. Apalagi belakangan ini penderita DBD di Kota Dumai meningkat, dan itu salah satunya akibat dampak keberadaan sampah ini," kata Yudha.

"Makanya kebersihan ini harus menjadi perhatian kita bersama. Kalau sudah bersih dan tidak ada lagi sampah, akan kita bongkar kuburan palsu itu. Dan memang sejauh ini dampak dari keberadaan kuburan palsu itu sangat positif," katanya lagi. (dkp)

Penulis: aidil wardi
Editor: aidil wardi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved