Breaking News:

Jarak Tempuh Lebih 25 Km, Bus Trans Padang Operasikan Koridor Empat dari Pelabuhan Teluk Bayur

Bus Trans Padang mengoperasikan koridor empat dari Teluk Bayur menuju Anak Air dengan jarak tempuh lebih dari 25 Km.

internet
Bus Trans Padang mulai mengoperasikan jalur koridor empat dari Pelabuhan Teluk Bayur ke Anak Air di sepanjang jalan By Pass, dengan jarak lebih dari 25 Km. 

tribunpekanbaru.com - Dinas Perhubungan (Dishub) Padang, Sumatra Barat (Sumbar), mengaktifkan koridor empat bus Trans Padang rute Bypass-Anak Air, Sabtu (2/2) lalu. Koridor empat bus Trans Padang tersebut memiliki jarak tempuh sepanjang 25 kilometer lebih.

"Sudah mulai diaktifkan koridor empat bus Trans dengan rute dari Teluk Bayur menuju Anak Air," kata Kepala Dinas Perhubungan Padang, Dian Fakri di Padang akhir pekan kemarin.

Ia mengatakan, pada tahap awal pihaknya mengoperasikan enam unit bus Trans Padang untuk koridor baru tersebut. Dengan mekanisme keberangkatan dibagi menjadi tiga unit dari arah utara (Anak Air), dan tiga unit lagi dari selatan (Teluk Bayur).

Namun ketika kebutuhan meningkat, operasinal bus akan ditambah menjadi sepuluh unit. Operasional pada koridor empat tersebut dibagi tiga tahap dalam sehari, namun tidak sampai malam hari. Dimulai dari pukul 06.15 WIb sampai 08.20 WIB, siang pukul 11.30 WIB sampai 13.30 WIB, dan sore pukul 16.00 WIB sampai 17.00 WIB.

Rute koridor empat dengan jarak tempuh mencapai 25 kilometer lebih terbilang lebih panjang jika dibandingkan koridor satu yang telah beroperasional sejauh ini dengan jarak 18 kilometer. Namun tarif yang diberlukan tetap sama, sesuai dengan yang ditetapkan Peraturan Daerah yaitu Rp3.500 untuk dewasa dan Rp1.500 untuk pelajar.

"Pembayarannya juga menggunakan sistem nontunai dengan kartu Brizzi," katanya.

Dengan aktifnya koridor empat tersebut, maka saat ini sudah ada 28 unit bus Trans Padang yang beroperasi. Dengan rincian pada koridor satu sebanyak 22 unit ditambah empat unit sebagai cadangan, dan enam unit di koridor empat dengan cadangan sebanyak empat unit.

Dian Fakhri mengatakan, untuk tahap awal pengoperasian koridor empat ini dilakukan secara swakelola oleh Dishub, karena proses tender pengelola saat ini masih sedang berjalan. (rin/ant/rol)

Penulis: rinaldi
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved