Kantor Karantina Musnahkan 316 Kg Komoditas Tanpa Dokumen. Ada Daging Babi Juga

Sebanyak total 316 kg sejumlah komoditas buah, sayuran, hingga daging hasil tegahan dimusnahkan oleh petugas dari Karantina Pekanbaru.

Tribun Pekanbaru/Doddy Vladimir
Balai Karantina Pertanian Kelas 1 Pekanbaru memusnahkan barang bukti media pembawa Hama Penyakit Hewan Karantina (HPHK) dan Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK) yang akan dimusnahkan dengan cara dibakar di halaman Kantor Karantina Pertanian Kelas 1, Pekanbaru, Senin (2/3/2020). (www.tribunpekanbaru.com/Doddy Vladimir) 

Kantor Karantina Musnahkan 316 Kg Komoditas Tanpa Dokumen. Ada Daging Babi Juga

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Sebanyak total 316 kg sejumlah komoditas buah, sayuran, hingga daging hasil tegahan dimusnahkan oleh petugas dari Karantina Pekanbaru, Senin (3/2/2020).

Sebagian besar komoditi yang berasal dari Malaysia dan Singapura ini, merupakan hasil penindakan dari 89 kali penahanan.

Barang-barang itu dibawa oleh para penumpang lewat bandara SSK II Pekanbaru, Pelabuhan Dumai dan Kantor Pos Pekanbaru dari kurun waktu November 2019 hingga Januari 2020.

Pemusnahan komoditi ini, dalam rangka mencegah agar potensi hama penyakit tidak menyebar.

Adapun rincian komoditas yang dimusnahkan, antara lain 255 kg buah-buahan yang terdiri dari jeruk, apel, pir, anggur.

Kemudian 30 gram benih tanaman mawar, semangka, dan lain-lain.

Lalu 3 kg sayuran, 10 kg rempah-rempah, 14 kg bahan asal hewan yang terdiri dari daging babi dan daging ayam, serta 40 kg hasil bahan asal hewan, seperti bakso, sosis, dan daging olahan.

Disdik Riau Siap Laksanakan UN. Tahun Terakhir Pakai Sistem UNBK

"Komoditas tersebut dimusnahkan karena melanggar Pasal 33 UU Nomor 21 Tahun 2019 tentang karantina hewan, ikan dan tumbuhan yaitu tidak dilengkapi Sertifikat Kesehatan dari negara asal," kata Kepala Karantina Pertanian Pekanbaru, Rina Delfi.

Lanjut dia, masuknya barang-barang itu juga tidak melalui tempat pemasukan yang ditetapkan dan tidak dilaporkan, serta tidak diserahkan kepada petugas karantina untuk keperluan tindakan karantina.

Halaman
12
Penulis: Rizky Armanda
Editor: Hendra Efivanias
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved