Berita Riau

NEWS VIDEO: BKPSDM Pelalawan Gelar Simulasi Ujian CAT SKD CPNS

BKPSDM Kabupaten Pelalawan Riau menggelar simulai Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), Selasa (4/2/2020).

TRIBUNPEKANBARU.COM, PANGKALAN kERINCI-.Badan Kepagawaian Pendidikan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Pelalawan Riau menggelar simulai Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), Selasa (4/2/2020).

Simulasi di laksanakan di lokasi ujian CPNS di aula kampus Akademi Komunitas Negeri Pelalawan (AKNP).

Uji coba dilakukan mulai dari peserta tiba di lokasi ujian dan melakukan registrasi kepada panitia.

Disini petugas dari BKPSDM melakukan pemeriksaan terhadap barang bawaan peserta. Barang bawaan akan disimpan di ruangan penitipan. Badan juga disisir menggunakan alat metal detektor.

Setelah selesai registrasi selesai, peserta diarahkan ke tenda yang disediakan kursi sebagai tempat menunggu.

Disini pelamar akan dipanggil untuk memasuki ruang ujian dengan sistem Computer Asisted Test (CAT). Sebelum masuk peserta kembali diperiksa oleh petugas dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN).

"Semua alur ujian yang kita coba tadi berjalan lancar dan tertib. Peserta wajib menuruti dan menaati aturan dari panitia," kata Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Pelalawan, Tengku Mukhlis, kepada tribunpekanbaru.com, yang ditemui di lokasi ujian, Selasa (4/2/2020).

Menurut Seda Tengku Mukhlis, proses menjawab soal menggunakan perangkat CAT juga telah diuji coba dengan hasil yang cukup memuaskan. Jaringan internet yang lancar dan setiap rangking peserta langsung terlihat di layar khusus yang disediakan panitia. Peserta diminta belajar serius dan mengerjakan soal secara hati-hati.

"Jangan pernah percaya dengan iming-iming bisa diluluskan oleh oknum-oknum tertentu. Semuanya sistem online dan transparan," tandasnya.

Kepala BKPSDM Pelalawan, Fakhurrozy menyebutkan, peserta diperiksa sebanyak dua kali untuk mesterilkan dari hal-hal yan dianggap bisa curang. Apalagi kewenangan pemda hanya ada di luar ruangan, sedangan di dalam gedung merupakan tanggungjawab BKN sepenuhnya. Peserta cukup hanya membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan kartu ujian saja.

"Kalau untuk pensil dan kertas kita sediakan. Barang-barang seperti HP, jam tangan, dan lain-lain dilarang dibawa ke dalam ruangan," tandas Fakhrurrozy.

Ia menyebutkan, peserta wajib mengikuti arahan yang ada pada monitor komputer agar bisa menajawab soal. Panitia menyediakan waktu 90 menit untuk menjawab 100 soal dengan pasing grade Test Karakteristik Pribadi (TKP) 126, Tes Intelegensia Umum (TIU) 80, dan 65 untuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Dalam sehari akan dilaksanakan lima sesi ujian dengan 100 peserta setiap sesinya.

Seleksi SKD akan dimulai besok, Rabu (5/2/2028) dan berlangsung sampai 11 Februari mendatang. Peserta diminta hadir satu jam sebelum ujian lantaran harus menjalani registrasi terlebih dahulu dan pemeriksaan sebelum memasuki ruang ujian. Total pelamar CPNS Pelalawan mencapai 3.065 orang akan memperbutkan 111 lowongan formasi.

"Semua aturan mainnya telah kita sampaikan dalam pengumuman," tukasnya. (Tribunpekanbaru.com/Johannes Wowor Tanjung)

Penulis: johanes
Editor: David Tobing
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved