Kakek Syafrudin Divonis Bebas

NEWS VIDEO: Petani Bakar Lahan 20x20 Meter di Pekanbaru Divonis Bebas

Sebelumnya Kakek Syafrudin tuntut 4 tahun penjara dan denda 3 miliar oleh Jaksa Penuntut Umum karena membakar lahan 20x20 meter yang dikelolanya

TRIBUNPEKANBARU.COM- Kakek Syafrudin, seorang petani tua berusia 69 tahun divonis bebas oleh Hakim Pengadilan Negri Pekanbaru dalam sidang putusan, Selasa siang (4/2/2020).

Sebelumnya Kakek Syafrudin  tuntut 4 tahun penjara dan denda 3 miliar oleh Jaksa Penuntut Umum karena membakar lahan 20x20 meter yang dikelolanya sejak 27 tahun lalu.

Suasana harupun terlihat diaman sang istri dan keluarga Syafrudin terlihat menangis bahagia atas keputusan tersebut. Usai sidang Syafrudin pun memeluk sang istri.

Dukungan bagi Kakek Syafrudin pun mengalir deras. Sidang putusan ini tidak saja dihadiri oleh keluarganya tapi juga dihadiri masyarakat dan para petani kecil yang tidak terima atas tuntutan tersebut.

Dalam putusan tersebut ada beberapa poin yang disampaikan oleh Hakim Ketua Sorta Ria Neva. Pertama menyatakan terdakwa Syafrudin tidak terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana yang dituduhkan kepada kakek 69 tahun ini. Kemudian poin selanjutnya membebaskan Syafrudin dari semua dakwaan.

" Tiga memerintahkan kepada terdakwa supaya segera dibebaskan dari tahanan. Empat memulihkan hak terdakwa dalam kemampuan, kedudukan dan harkat serta martabatnya," jelas Hakim ketua saat membacakan putusan.

Sebelum itu, Hakim ketua juga menyatakan Syafudin tidak terbukti bersalah melanggar Pasal 98 Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

"Dakwaan penuntut umum tidak bisa dibuktikan," tegas Sorta.

Sorta menyebutkan, Jaksa Penuntut Umum (JPU) tidak mampu menghadirkan saksi ahli ke persidangan untuk membuktikan perbuatan terdakwa.

Terkait perbuatan terdakwa yang melampaui baku mutu udara, ambien dan baku mutu kerusakan lingkungan, sesuai dakwaan JPU.

Halaman
12
Penulis: Aan Ramdani
Editor: David Tobing
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved