Group Tour Banyak Batalkan Keberangkatan

Wabah virus Corona yang semakin luas menyebar di beberapa negara, membuat pemerintah mengeluarkan kebijakan larangan terbang ke negara dan dari negara

Group Tour Banyak Batalkan Keberangkatan
Asita Riau
Ketua Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita) Riau, Dede Firmansyah. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Wabah virus Corona yang semakin luas menyebar di beberapa negara, membuat pemerintah mengeluarkan kebijakan larangan terbang ke negara dan dari negara yang terdampak.

Larangan itu sangat berdampak bagi usaha tour and travel di Riau. Sedangkan perhotelan dinilai belum terlalu berdampak.

Ketua Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita) Riau, Dede Firmansyah mengatakan wabah virus corona itu sangat berdampak bagi bisnis travel.

"Dampaknya banyaknya Group Tour yang tidak jadi berangkat atau membatalkan keberangkatan," ujar Dede Firmansyah kepada Tribun, Rabu (5/2/2020).

Namun kerugian yang ditimbulkan tambah Dede tidak terlalu besar, karena ada upaya yang dilakukan masing-masing travel.

"Upaya yang dilakukan Group-group yang tak jadi ke China atau negara yang sudah terdampak tetap kita arahkan ke negara lain," ucap Dede.

Misalnya ke Malaysia, Thailand, Vietnam, dan negara- negara ASEAN lainnya, atau negara Asia yang tidak terkena Virus Corona.

"Untuk sementara data yang masuk ke ASITA yang batal berangkat ke China tanggal 26 Januari sebanyam 23 orang dan 12 Februari ada sekitar 36 orang. Data itu hanya dari beberapa Tour and Travel saja," ungkapnya. (rsy)

Penulis: Rino Syahril
Editor: kasri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved