Lahan Perusahaan Terbakar

Lahan Perusahaan Terbakar, DPRD Siak Dukung Upaya Polda Dalami Karhutla di PT DSI

Ketua Komisi II DPRD Siak Sujarwo mendukung upaya Reskrimsus Polda Riau dalami kasus Kebakaran Hutan dan Lahan

Lahan Perusahaan Terbakar, DPRD Siak Dukung Upaya Polda Dalami Karhutla di PT DSI
ISTIMEWA
FOTO ILUSTRASI - Polisi padamkan kebakaran lahan. 

SIAK - Ketua Komisi II DPRD Siak Sujarwo mendukung upaya Reskrimsus Polda Riau dalami kasus Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang terjadi di konsesi PT Duta Swakarya Indah (DSI) di kabupaten Siak. Sebab, selain Karhutla juga banyak persengketaan dengan masyarakat.

"Ya, kita dukung untuk ditelusuri secara cermat kebakaran di PT DSI," kata Sujarwo, Rabu (5/2/2020).

Ia meminta kepada Polda Riau untuk tetap tegas menegakkan keadilan. Sebab, Karhutla telah menjadi perhatian internasional.

"Jangan sampai tebang pilih upaya penegakan hukum, apalagi pada kasus Karhutla ini. Ketegasan hukum itu tujuannya untuk menciptakan keadilan bagi seluruh masyarakat," kata dia.

Ia mengakui Poles Siak belum menetapkan tersangka atas kasus Karhutla di PT DSI. Namun ia cukup memberi apresiasi kepada Polda Riau yang melakukan penyelidikan sehari pascaterbakarnya kembali lahan di perbatasan kampung Sengkemang dan Sri Gemilang, Kecamatan Koto Gasib itu.

"Selama Januari ada 3 warga yang ditetapkan tersangka Karhutla oleh Polres Siak. Itu sangat kita apresiasi. Sama halnya dengan apresiasi kita terhadap cepat tanggapnya Polda Riau menelusuri kasus di konsesi PT DSI," kata dia.

Ia juga meminta PT DSI bertanggungjawab atas terjadinya kebakaran di atas lahannya. Kemudian meminta kepada seluruh perusahaan perkebunan di kabupaten Siak untuk melengkapi sarana prasarana Damkar serta menjaga lahan masing-masing dari kobaran Karhutla.

"Untuk menjaga supaya tidak ada kabut asap maka semua pihak harus sungguh-sungguh mencegah Karhutla. Terutama tentu bagi orang yang punya kebun, haruslah dijaga kebunnya sesuai mekanismenya," kata dia. (tribunpekanbaru.com/mayonal putra)

Penulis: Mayonal Putra
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved