SKD CPNS

Soal SKD Sistem Acak dari Server, BKN Imbau Peserta CPNS Pelalawan Riau Percaya Diri

Hari pertama Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Pelalawan Riau telah digelar Rabu

Soal SKD Sistem Acak dari Server, BKN Imbau Peserta CPNS Pelalawan Riau Percaya Diri
Tribun Pekanbaru/Johanes Tanjung
Koordinator Test SKD BKN Kanreg Xll di Pelalawan, Iswahyudi 

PELALAWAN - Hari pertama Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Pelalawan Riau telah digelar Rabu (5/2/2020) di kampus AKNP Kota Pangkalan Kerinci.

Peserta yang mendapat jadwal ujian pada sesi pertama hingga sesi kelima pada hari pertama ini menjalani test SKD di aula kampus AKNP dengan sisten Computer Assisted Test (CAT). Satu sesi diikuti 100 peserta ujian dan satu hari dijadwalkan 500 peserta yang test.

Koordinator BKN Kanreg XII, Iswahyudi menyatakan, sistem ujian menggunakan CAT tergolong cepat, akuntabel, dan transparan.

Peserta harus fokus ke layar monitor dan menjawab soal ujian masing-masing, tanpa melirik ke sekitar.

Pasalnya, tidak ada soal yang sama baik dalam satu kelas maupun antar sesi. Sehingga tidak ada gunanya mencontoh peserta lain yang duduk berdekatan.

"Soal ujian kita sistem acak dari bank soal yang ad pada server. Jadi tidak ada soal yang sama. Jangakan berbeda sesi, satu kelas pun ngak akan serupa," tutur Iswahyudi, kepada tribunpekanbaru.com yang ditemui di lokasi ujian, Rabu (5/2/2020).

Ia menyatakan, peserta hanya dipekenan membawa KTP dan kartu ujian ke dalam ruangan. Pelamar juga tidak bisa mengakses aplikasi apapun dari komputer CAT selain menjawab soal, termasuk berkomunikasi melalui sistem apapun.

Bahkan peserta yang permisi ke kamar mandi akan dilakukan body checkin kembali sebelum masuk ke dalam ruangan lagi

Dijelaskannya, hasil ujian SKD setiap sesi langsung diumumkan real time pada layar monitor yang dipasang di luar ruangan.

Selain itu, ketika pelamar mengklik selesai pada komputer CAT skor langsung keluar baik TIU, TWK, dan TKP. Pihaknya akan mencetak hasil ujian dalam bentu kertas dan menempelkannya di majalah dinding.

"Setelah semua ujian selesai akan dirangking lagi setiap formasi. Jadi dalam menjawab soal tetap tenang," tambahnya. (Tribunpekanbaru.com/Johannes Wowor Tanjung)

Penulis: johanes
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved