Hakim PN Dumai Jatuhkan Vonis Mati untuk Ade Kurniawan, Pemilik 50 Kg Sabu

Kuasa hukum terdakwa langsung menyatakan banding begitu kliennya divonis hukuman mati.

Hakim PN Dumai Jatuhkan Vonis Mati untuk Ade Kurniawan, Pemilik 50 Kg Sabu
tribun pekanbaru
Sidang vonis penyelundupan narkoba dengan terdakwa Ade Kurniawan, Rabu (5/2) sore lalu di PN Dumai. Majelis Hakim menjatuhkan vonis mati kepada terdakwa Ade Kurniawan, yang langsung menyatakan banding. 

tribunpekanbaru.com - Terdakwa Ade Kurniawan alias Ibung bin Zainal Abidin, divonis hukuman mati oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Kelas IA Dumai, pada persidangan Rabu (5/2) petang lalu.

Vonis ini sesuai dengan tuntutan JPU (Jaksa Penuntut Umum) Priandi Firdaus, yang disampaikan pada sidang sebelumnya pada Kamis (16/1) lalu, sebagaimana diatur Pasal 114 ayat 2 UU nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika.

Majelis Hakim yang dipimpin Lilin Herlina didampingi Hakim Anggota Renaldo Meiji H Tobing dan Aziz Muslim menyebutkan, fakta hukum yang terungkap dalam persidangan, terdakwa Ade Kurniawan alias Ibung terbukti bersalah secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana narkotika dan termasuk dalam sindikat internasional.

Majelis Hakim juga menetapkan sejumlah barang bukti dirampas untuk dimusnahkan. Barang bukti tersebut di antaranya dua travel bag merek Oxzey warna hitam masing-masing berisi 20 Kg sabu, serta ransel merek Ruibok berisi 10 Kg sabu, dan satu handphone merk Nokia warna putih.

Sedangkan satu unit mobil Daihatsu Xenia warna coklat muda metalik nomor polisi BK 1615 YH dirampas untuk negara, serta membebankan biaya perkara kepada negara.

Usai pembacaan putusan, Penasihat Hukum terdakwa, Dwi Miswanti yang mendampingi terdakwa Ade Kurniawan alias Ibung, langsung menyatakan banding atas putusan Majelis Hakim tersebut.

Begitu pula dengan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Priandi Firdaus, yang juga akan mengajukan banding. Priandi menyebut, terkait putusan hakim yang memvonis terdakwa hukuman mati sudah sesuai dengan tuntutan yang diajukan. Namun karena Penasihat Hukum terdakwa mengajukan banding, maka pihaknya juga melakukan upaya banding.

"Harapan kita, semoga Pengadilan Tinggi di Pekanbaru nanti akan menguatkan putusan PN Dumai," katanya saat ditemui Kamis (6/2).

Ade Kurniawan alias Ibung bin Zainal Abidin ditangkap kepolisian pada 28 Juni tahun lalu di Dumai dengan barang bukti sabu-sabu seberat 50 Kg. (dkp)

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved