KKP Dumai Tegaskan Tidak Ada ABK Asal Cina di Dumai yang Terduga Corona

Dinkes dan KKP Dumai juga membantah kabar yang beredar di medsos, yang menyebut ada ABK asal Cina terduga corona.

Tribun Pekanbaru/Doddy Vladimir
Petugas sedang memantau alat pendeteksi suhu tubuh (thermal scanner). 

tribunpekanbaru.com - Sempat beredar kabar di media sosial, bahwa ada Anak Buah Kapal (ABK) asal Cina di Dumai yang terjangkit virus corona. Namun informasi ini dibantah Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Dumai.

Kepala KKP Dumai, Efrizon, dan Sekretaris Dinas Kesehatan Dumai melalui Kasi Pengendalian Karantina dan Surveilans Epidemilogi, Suprapto, menegaskan di Kota Dumai tidak ditemukan adanya pasien suspect corona.

Suprapto menerangkan, kabar adanya ABK asal Cina yang terdeteksi virus corona di Pelabuhan Internasional Pelindo Dumai merupakan informasi tidak benar.

"Saat menerima kabar itu kita langsung melakukan pengecekan terhadap ABK asal Cina, dan semuanya tidak ada yang terindikasi mengidap virus corona," katanya Kamis (6/2).

Dia lantas meminta kepada masyarakat untuk tidak menyebarkan informasi-informasi yang belum tentu kebenarannya di media sosial. "Jadi sekali lagi saya tegaskan, di Dumai tidak ditemukan suspect virus corona," ujarnya.

Untuk mencegah masuknya virus corona ke Kota Dumai, pihak KKP Dumai telah memasang alat pemantau suhu tubuh atau thermo scanner sebanyak dua unit di pintu masuk kedatangan Pelabuhan Internasional Pelindo Dumai.

"Alat thermo scanner kita pasang di pintu masuk untuk mendeteksi dini para penumpang yang berasal dari Malaysia," sebut Suprapto.

Tidak hanya itu, KKP Dumai juga melakukan pemeriksaan terhadap kru kapal-kapal yang datang dari Cina yang sandar di dermaga pelabuhan Pelindo, sebagai langkah pencegahan penyebaran virus ini.

Diakuinya, ketika pihaknya menerima informasi ada ABK asal Cina yang mengalami demam dan tanda terkena virus corona, KPP Dumai langsung memeriksa satu per satu awak kapal menggunakan thermal scanner laser, untuk mengetahui suhu badan seluruh ABK termasuk kapten kapal.

"Sejauh ini kita tidak temukan adanya ABK asal Cina yang terkena virus corona," tambahnya. (dkp)

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved