Berita Riau

Satu Hektare Hasilkan 5,5 Ton Gabah Kering, Panen Padi di Lahan Seluas 80 Hektare di Siak Riau

Satu hektare lahan bisa menghasilkan 5,5 ton gabah kering di pesawahan Tanjung Pelelang, Dusun Benio Kampung Harapan, Kecamatan Sungai Apit.

Satu Hektare Hasilkan 5,5 Ton Gabah Kering, Panen Padi di Lahan Seluas 80 Hektare di Siak Riau
tribun pekanbaru
Hamparan sawah di Kabupaten Siak, Riau. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Bupati Siak Alfedri ikut panen padi di pesawahan Tanjung Pelelang, Dusun Benio Kampung Harapan, Kecamatan Sungai Apit.

Para petani padi tampak bahagia hasil panen kali ini cukup melimpah. Dalam 1 hektare lahan bisa menghasilkan 5,5 ton gabah kering.

Camat Sungai Apit Wahyudi mengatakan, kecamatan itu berupaya menjadi lumbung padi bagi Kabupaten Siak. Keberadaan areal pesawahan Sungai Apit cukup luas dan menjadi penyokong untuk bertambah banyaknya produksi beras di Siak.

"Dibanding Bungaraya, ya lebih luas di Bungaraya. Namun, di Sungai Apit saat ini kualitas padinya juga sudah membaik," kata dia.

Ia menguraikan, luas lahan yang sedang memasuki masa panen seluas 80 hektare. Padi di Sungai Apit juga mempunyai kualitas yang baik.

“Pada saat ini, 1 hektare lahan padi berhasil memproduksi 5,5 ton gabah kering,” ujar Camat Sungai Apit.

Selain itu, warga Sungai Apit terkhusus petani padi semakin termotivasi dengan kehadiran
Bupati Siak di hari perdana panen raya. Apalagi Alfedri menceritakan kisahnya saat masa kecil kepada petani dan anak-anak muda di sana.

"Pak Alfedri bercerita kepada masyarakat bahwa saat beliau masih kecil, sangat riang bila musim memanen sudah tiba. Selama panen padi, Pak Alfedri kecil menghabiskan waktunya di sawah membantu keluarganya yang panen padi," kata Wahyudi.

Cerita sederhana seorang bupati itu menjadi penyemangat bagi anak-anak petani di Siak. Sebab saat ini anak-anak muda enggan turun ke sawah untuk membantu orang tuanya.

"Dengan motivasi dari Pak Bupati tentu menjadi nilai baru bagi anak-anak muda di sini," kata Camat Wahyudi.

Halaman
12
Penulis: Mayonal Putra
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved