Penangkapan Teroris di Riau

SIMPATISAN TERORIS ISIS Asal Indonesia Bukan Lagi Warga Negara Indonesia, Catat! Ini Dasar Hukumnya

Warga asal Indonesia yang bergabung dengan ISIS tak lagi dianggap sebagai warga negara Indonesia. Jika dipulangkan, mereka bisa membahayakan

SIMPATISAN TERORIS ISIS Asal Indonesia Bukan Lagi Warga Negara Indonesia, Catat! Ini Dasar Hukumnya
dailymail
SIMPATISAN TERORIS ISIS Asal Indonesia 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Pemerintah Indonesia diminta tak perlu memikirkan nasib Warga Negara Indonesia (WNI) yang bergabung dengan ISIS. 

Kepulangan WNI yang bergabung dengan ISIS tersebut bisa membahayakan ideologi dan keamanan negara. 

Lagipula, mereka tidak lagi berstatus sebagai warga negara Indonesia...

Hilangnya s tatus mereka sebagai warga negara Indonesia sesuai dengan UU Kewarganegaraan.

Pakar Hukum Internasional, Hikmahanto Juwana, mengatakan pemerintah tidak perlu memikirkan nasib WNI yang telah bergabung dengan ISIS di Suriah.

Menurutnya, para WNI yang telah bergabung dengan tentara ISIS secara otomatis telah menanggalkan kewarganegaraan Indonesia.

Hal itu berdasar UU Kewarganegaraan Pasal 23 huruf D dan F yang berisi ketentuan tentang kehilangan kewarganegaraan Indonesia.

Dalam huruf D, disebutkan akan hilang status WNI jika masuk dalam dinas tentara asing tanpa izin terlebih dahulu dari Presiden.

"Mereka yang tergabung dengan tentara asing atau pemberontak dari negara asing dan yang telah mengucap janji setia pada negara atau bagian negara, maka status warga negara Indonesia akan gugur," terang Hikmahanto saat berbicara di tvOne, Kamis (6/2/2020).

 Sementara dalam huruf F tersebut, akan hilang kewarganegaranya jika secara sukarela mengangkat sumpah atau menyatakan janji setia kepada negara asing atau bagian dari negara asing tersebut.

"Kita tahu bahwa mereka-mereka yang bergabung ke sisi itu tentu dia sejak awal secara sadar sudah ingin menanggalkan kewarganegaraan indonesia," lanjutnya.

Halaman
123
Editor: Guruh Budi Wibowo
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved