Bikin 4,5 Hektare Lahan terbakar, Pria di Rupat Ini Diringkus Polisi dan Jadi Tersangka Karhutla

Polres Bengkalis berhasil mengungkap tersangka pembakar lahan yang masuk kawasan Hutan Produksi Terbatas (HPT) di Hutan Samak Desa Titik Akar.

Bikin 4,5 Hektare Lahan terbakar, Pria di Rupat Ini Diringkus Polisi dan Jadi Tersangka Karhutla
Foto/Istimewa
OLAH TKP - Personel Polres Bengkalis tengah melakukan olah TKP kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang menghanguskan 4,5 hektare lahan beberapa waktu lalu. Dalam kasus itu, seorang pria berinisial HR ditetapkan jadi tersangka. 

Bikin 4,5 Hektare Lahan terbakar, Pria di Rupat Ini Diringkus Polisi dan Jadi Tersangka Karhutla

TRIBUNPEKANBARU.COM, BENGKALIS - Setelah berhasil memadamkan Karhutla di Rupat tepatnya di Hutan Samak Desa Titik Akar beberapa pekan lalu, Polres Bengkalis berhasil mengungkap tersangka pembakar lahan yang masuk kawasan Hutan Produksi Terbatas (HPT) di wilayah tersebut.

Satrekrim Polres Bengkalis mengamankan seorang pria diduga pelaku pembakaran lahan berinisial HR alias Atiok warga Desa Titik Akar kecamatan Rupat sebagai tersangka.

Kasatreskrim Polres Bengkalis AKP Andrie Setiawan mengatakan, pria ini diamankan dan ditetapkan sebagai tersangka setelah Satreskrim Polres Bengkalis melakukan gelar perkara, Sabtu (8/2/2020) kemarin.

Pada saat gelar perkara ini, Satreskrim Polres Bengkalis menemukan dua alat bukti kuat dan meningkatkan perakara ini dari penyelidikan menjadi penyedikan.

"Luas lahan yang terbakar dilakukan oleh tersangka sekitar 4,5 hektare. Merupakan lahan yang dikelolanya," terang Kasatreskirim.

Status Siaga Darurat karhutla di Riau Bakal Ditetapkan Gubernur Hari Selasa Malam

Menurut Kasat, Karhutla pertama kali di ketahui pada tanggal 11 Januari lalu sekitar pukul 14.00 WIB dan kemudian meluas membakar lahan lainnya.

Kebakaran lahan ini muncul berawal pada tahun 2019 lalu, dimana HR bersama dua orang pekerjaanya membersihakan lahan miliknya yang berada di dusun Hutan Samak Desa Titik Akar.

HR membersihkan lahannya dengan cara meracun rumput dan semak belukar yang tumbuh di sana.

153.887 KK di Riau Belum Nikmati Listrik PLN

Dengan tujuan akan ditanami dengan tanaman untuk kebun.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Natsir
Editor: Hendra Efivanias
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved