PB Ikasi Tetapkan Kuota Anggar Riau untuk PON Papua 15 Atlet

PB Ikasi menetapkan kuota tiap daerah untuk bertanding di cabor anggar PON Papua. Riau dapat 15 atlet, meski sebenarnya meloloskan 20 atlet.

PB Ikasi Tetapkan Kuota Anggar Riau untuk PON Papua 15 Atlet
TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO/IST
Olahraga Anggar 

tribunpekanbaru.com - Pengurus Besar (PB) Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (Ikasi) sudah menetapkan kuota untuk masing-masing daerah, untuk tampil di PON Papua 2020. Termasuk kuota untuk Pengprov Ikasi Riau.

Dari kuota tersebut, Riau hanya mendapat jatah 15 atlet untuk PON nanti. Ke-15 atlet ini akan turun pada 10 nomor yang ditandingkan.

"Ini sudah ditetapkan, tidak ada perubahan lagi," kata Ketua Pengprov Ikasi Riau, Harianto melalui Sekum Zulkifli, Minggu (9/2) kepada Tribun.

Sebenarnya, atlet anggar Riau yang lolos kualifikasi PON ada 20 orang. Jumlah ini dari 12 nomor yang dipertandingkan. Hasil tersebut diraih setelah tim anggar Riau sukses keluar sebagai juara umum pada Pra PON anggar yang digelar Oktober 2019 silam di Semarang, Jawa Tengah.

Pada ajang itu, anggar Riau meraih 5 medali emas, 3 perak, serta 3 perunggu. Namun PB Ikasi mengeluarkan kebijakan yang disesuaikan dengan kesanggupan tuan rumah Papua.

Mengenai persiapan tim anggar Riau saat ini, Zulkifli menerangkan, bahwa para atlet masih tetap latihan setiap hari. "Tapi latihan ini masih desentralisasi, belum sentralisasi. Karena masih menunggu arahan dari KONI Riau," terangnya.

Tidak hanya cabor anggar yang masih menggelar TC mandiri, namun hampir semua cabor di Riau peserta PON, melaksanakan TC mandiri. Pengurus masih menunggu KONI, sementara KONI baru bisa melaksanakan TC Berjalan sekitar Mei mendatang. "Kalau atlet kita sekarang latihan di klub masing-masing," sebutnya.

Mengenai target medali di PON Papua nanti, Zulkifli tidak mau muluk-muluk. Meski timnya sukses menyabet juara umum pada Pra PON lalu, namun pada PON nanti tim anggar Riau tetap realistis. "Dengan kekuatan yang ada, target kita meraih prestasi maksimal di PON Papua," katanya.

Anggar termasuk dalam daftar cabang unggulan KONI Riau yang ditargetkan meraih medali emas pada PON Papua 2020. (saf)

Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved