Gagalkan Peredaran Narkoba

Peredaran Narkoba di Riau, Transporter Ganti Kapal Berisi 35 Kg Sabu di Pantai Tanjung Medang

Ditres Narkoba Polda Riau menggagalkan peredaran narkoba dan penyelundupan sabu dalam jumlah besar melalui Kota Dumai, Rabu

Peredaran Narkoba di Riau, Transporter Ganti Kapal Berisi 35 Kg Sabu di Pantai Tanjung Medang
Tribun Pekanbaru/Theo Rizky
Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi memimpin konfrensi pers pengungkapan kasus pembongkaran sindikat peredaran narkoba lintas Negara di Mapolda Riau, Pekanbaru, Minggu (9/2/2020). (TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY). 

PEKANBARU - Ditres Narkoba Polda Riau menggagalkan peredaran narkoba dan penyelundupan sabu dalam jumlah besar melalui Kota Dumai, Rabu (5/2/2020) lalu.

Jumlah sabu yang hendak diselundupkan mencapai 35 kg.

Ada dua pelaku yang berperan menjadi transporter laut dalam sindikat narkoba itu. Mereka yakni MA (31), seorang nelayan dan AB (25), seorang swasta.

Keduanya ternyata membawa sabu dengan kapal pancung dari Malaysia. Kapal berbahan fiber itu ternyata sudah dirancang pada body kapal untuk menyimpan sabu.

Sabu tersimpan secara permanen dalam body kapal hingga akhirnya polisi membongkar modus pelaku. Ada 35 paket sabu dengan berat masing-masing satu kilogram.

Puluhan paket tersimpan dalam dua tas plastik warna biru secara terpisah. Ada huga 36 botol cairan vape yang kandungannya belum diketahui.

Informasi Tribun, keduanya mengaku bertukar kapal dengan pelaku lainnya di sekitar Pantai Tanjung Medang, Rupat. Mereka bertukar kapal sesuai arahan dari pelaku lainnya berinisial S.

Mereka mengaku bekerja sesuai arahan S. Pelaku S yang merupakan DPO punya peran mengendalikan peredaran sabu tersebut.

MA ternyata diimingi pembayaran Rp 5 juta untuk setiap paketnya. Sedangkan AB hanya dapat upah Rp 5 juta untuk setiap pengiriman.

Proses transaksi menggunakan sandi cincin berlian dan tiga batu alam. Mereka menggunakan sandi lantaran tidak mengenal dua WN Malaysia yang membawakan kapal pancung dari Malaysia berisi puluhan paket sabu.

Halaman
12
Penulis: Fernando
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved