Status Siaga Darurat karhutla di Riau Bakal Ditetapkan Gubernur Hari Selasa Malam

Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar dijadwalkan akan menetapkan status siaga darurat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), Selasa (11/2/2020) malam.

Status Siaga Darurat karhutla di Riau Bakal Ditetapkan Gubernur Hari Selasa Malam
Tribun Pekanbaru/Doddy Vladimir
Sejumlah relawan sedang memadamkan api saat simulasi pemadaman kebakaran hutan dan lahan di Lapangan Purna MTQ, Pekanbaru, Kamis (30/1/2020) usai peresmian Posko Relawan Pemadaman Karhutla. Simulasi tersebut dilakukan guna memantapkan kesiapan relawan beserta petugas dalam mengantisipasi dan memadamkan api dilokasi jika terjadi karhutla pada musim kemarau yang diprediksi BMKG akan terjadi lebih panjang dibanding tahun sebelumnya di Provinsi Riau. (www.tribunpekanbaru.com/Doddy Vladimir). 

Status Siaga Darurat karhutla di Riau Bakal Ditetapkan Gubernur Hari Selasa Malam

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar dijadwalkan akan menetapkan status siaga darurat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), Selasa (11/2/2020) malam.

Rapat penetapan status siaga Karhutla akan dipimpin langsung oleh Gubernur Riau, Syamsuar.

Acara itu akan dihadiri oleh semua stake holder terkait.

Di antaranya dari TNI, Polri, Manggala Agni, BMKG, Bupati dan Walikota se Provinsi Riau, Kepala BPBD Provinsi dan Kabupaten Kota serta dinas dan instasi terkait lainya.

"Sejauh ini kan sudah ada tiga kabupaten kota yang menetapkan status siaga darurat karhutla (Dumai, Siak, Bengkalis). Itu sudah saya sudah laporkan ke Pak Gubenur, dan Selasa malam akan ada rapat untuk menetapakan status siaga tingkat provinsi Riau. Nanti pak Gubernur yang langsung menetapkan dengan mengundang pihak-pihak terkait," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edwar Sanger, Minggu (9/2/2020).

Karhutla di Riau, Dirreskrimsus Polda Riau Benarkan Ada Tim Turun ke Lokasi Kebakaran Lahan PT DSI

Penetapan status siaga darurat Karhutla ini merupakan tindaklanjut atas arahan Presiden Joko Widodo saat Rakor terkait Karhutla di Istana Negara pekan lalu.

Dalam Rakor yang dihadiri oleh sejumlah gubernur dari daerah yang rawan Karhutla itu Presiden meminta kepada daerah agar melakukan pencegahan lebih awal sebelum terjadi kebakaran lahan yang lebih besar lagi.

"Sesuai arahan presiden kita diminta agar lebih dini melakukan pencegahan dengan cara preventif. Salah satunya adalah dengan penetapan siaga lebih awal," ujar Edwar.

Menindaklanjuti arahan presiden tersebut, Gubernur Riau Syamsuar langsung mengumpulkan dinas terkait di lingkungan Pemprov Riau, Sabtu (8/2/2020) malam lalu.

Gubernur Riau Syamsuar Sebut Siap Tidur di Lapangan Atasi Karhutla, Resmikan Posko Relawan

Dalam rapat terbatas tersebut, Gubri meminta laporan dari masing-masing Organasi Perangkat Daerah (OPD) terkait kesiapan dalam melakukan pencegahan Karhutla di Riau. Termasuk koordinasi dengan kabupaten kota.

"Tadi malam kita rapat evaluasi, pak gubenur minta laporan dari kami, bagaimana hasil rapat dan koordinasi dengan pihak terkait, termasuk kabupaten kota. Jadi apa yang sudah disiapkan dari semua stake holder itu yang diminta dilaporkan ke Pak Gubernur tadi malam," ucapnya.

Sebelum penetapan status siaga Karhutla, BPBD Riau akan kembali menggelar rapat terbatas dengan stake holder terkait guna membahas kondisi terkini terkait cuaca dan kebakaran lahan di Riau.

Hasil rapat terbatas ini lah nanti yang akan dilaporkan ke Gubri untuk disampaikan dalam rapat penetapan status siaga karhutla tingkat provinsi Riau yang diagendakan Selasa malam besok.

"Besok  kita akan menggelar rapat terbatas dengan BMKB, TNI, Polri, dan instansi terkait di kantor BPBD Riau. Hasil rapat inilah yang kita laporkan ke Pak Gubernur sebagai usulan untuk menetapkan status siaga, karena tata caranya memang seperti itu," kata Edwar. (Tribunpekanbaru.com/Syaiful Misgio)

Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Hendra Efivanias
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved