CPNS 2019 Riau

Tes CPNS 2019 di Pelalawan Riau, 293 Peserta Tak Ikut Ujian Selama Lima Hari SKD

SKD CPNS 2019 Pelalawan. Berdasarkan catatan absensi dari panitia, selama lima hari SKD sebanyak 293 dari 3.066 peserta yang tidak ikut ujian.

Tes CPNS 2019 di Pelalawan Riau, 293 Peserta Tak Ikut Ujian Selama Lima Hari SKD
Tribun Pekanbaru/Johannes Tanjung
Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Pelalawan Tengku Mukhlis didampingi Kepala BKPSDM Fakhrurrozy meninjau pelaksanaan SKD CPNS di aula AKNP, Rabu (5/2/2020). 

PELALAWAN - Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 di Kabupaten Pelalawan Riau telah berjalan selama lima hari sejak Rabu (5/2/2020) sampai Minggu (9/2/2020).

Test SKD digelar di kampus Akademi Komunitas Negeri Pelalawan (AKNP) di Jalan Lintas Timur (Jalintim) Kota Pangkalan Kerinci.

Panitia dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Regional Xll dan Badan Kepegawaian Pendidikan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pelalawan telah melayani 2.000 lebih peserta ujian yang menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Berdasarkan catatan absensi dari panitia, selama lima hari pelaksanaan SKD sebanyak 293 dari 3.066 peserta yang tidak ikut ujian.

Kebanyakan peserta yang tak ikut memang tidak hadir sama sekali. Sebagian ada juga yang terlambat, serta salah melihat jadwal. Alhasil mereka tak diperbolehkan masuk lagi.

"Sesuai aturan yang ditetapkan BKN peserta yang tak ikut ujian dinyatakan langsung gugur," kata Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia BKPSDM Pelalawan, Tengku Kafrawi, kepada tribunpekanbaru.com, Minggu (9/2/2020).

Dijelaskannya, setiap hari ditemukan peserta yang tidak membawa identitas sama sekali seperti Kartu Tand Penduduk (KTP) dan kartu ujian. Mereka datang hanya tangan kosong ke lokasi ujian. Padahal saat pengumuman sudah tegas disampaikan dua benda itu musti dibawa ke ruangan. Alhasil mereka diminta pulang menjempu KTP dan kartu ujian.

Namun sialnya, ketik peserta yang bersangkutan kembali lagi ke AKNP membawa kartu dan KTP, waktu registrasi dan absensi sudah terkunci secara otomatis oleh sistem. Lantaran ujian sudah mulai dan mereka tak diperkenankan masuk lagi.

"Setiap hari kasus seperti itu ada 5 sampai 5 orang. Meskipun rumahnya dekat, tapi tetap tak terkejar juga lagi," tuka Kafrawi.

Kafrawi merincikan, sebanyak 293 peserta yang tak ikut selama lima hari diantaranya hari pertama mencapai 68 orang.

Kemudian hari kedua ada 65 orang, hari ketiga sekitar 34 orang, hari keempat sebanyak 60 orang, dan hari kelima 66 orang.

Selama SKD berlangsung hampir tidak ada kendala yang berarti dihadapi panitia. Mulai dari jaringan hingga ketersediaan arus listrik semuanya lancar.

Ujian SKD akan berlangsung dua hari lagi sampai Selasa (11/2/2020) mendatang.

Total peserta yang seharusny ikut mencapai 3.066 untuk memperebutkan 111 formasi yang dibuka Pemkab Pelalawan.

Paniti mengimbau peserta yang belum ujian untuk datang satu jam sebelum tes dimulai dan membaw KTP dan Kartu Ujian. (Tribunpekanbaru.com/Johannes Wowor Tanjung)

Penulis: johanes
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved