Alamak! Masih Ada Sekolah di Riau yang Tahan Ijazah Siswa. Sebut Siswa Masih Ada Utang

Wakil rakyat di DPRD Riau menyayangkan kebijakan kepala sekolah yang menahan ijazah siswa SMA dan SMK yang sudah lulus.

Alamak! Masih Ada Sekolah di Riau yang Tahan Ijazah Siswa. Sebut Siswa Masih Ada Utang
Desain Tribun Pekanbaru
ilustrasi tribun 

Alamak! Masih Ada Sekolah di Riau yang Tahan Ijazah Siswa. Sebut Siswa Masih Ada Utang

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Wakil rakyat di DPRD Riau menyayangkan kebijakan kepala sekolah yang menahan ijazah siswa SMA dan SMK yang sudah lulus.

Meski sudah menjadi perhatian publik, namun sejauh ini belum ada itikad baik dari pihak sekolah untuk menyerahkan ijazah tersebut kepada siswanya yang sudah lulus.

Anggota Komisi V DPRD Riau, Kasir kepada Tribun, Senin (10/2/2020) mengungkapkan, jumlah ijazah yang ditahan kepala sekolah di SMA dan SMK negeri di Kota Pekanbaru mencapai ratusan.

Meski pihaknya sudah menyampaikan persoalan ini ke Dinas Pendidikan, namun pihak sekolah tetap bersikukuh menahan ijazah siswanya.

Karena ada tagihan yang belum dilunasi oleh siswa tersebut.

"Jumlahnya di Kota Pekanbaru saja itu mencapai ratusan. Itu baru di Pekanbaru. Tapi kalau untuk seluruh Riau kita belum dapat datanya. Kita sudah sampaikan ke Kadisdik dan sudah disampaikan ke kepala sekolah. Tapi kepala sekolah tetap saja menahan ijazah siswanya dengan dalih masih ada utang atau tagihan yang belum dilunasi," kata politisi partai Hanura Dapil Kota Pekanbaru ini.

Gubri Terima SAKIP Award Tahun 2019 dari Tjaho Kumolo

Sementara mereka yang tidak bisa mengambil ijazah ini ada yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Menurut Kasir, anak-anak kurang mampu sesuai Permendikbud itu seharusnya menjadi tanggungjawab negara melalui program wajib belajar 12 tahun.

"Kalau sudah wajib belajar 12 tahun harus persoalan ini tidak terjadi, apalagi mereka dari keluarga yang tidak mampu. Tapi nyatanya kan kepala sekolah tetap menahan ijazah itu," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Hendra Efivanias
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved