Berita Riau

Siak Siaga Darurat Kabut Asap, BPBD Siak Riau Siap 24 Jam, Langsung Turun Jika Terjadi Karhutla

Bupati Siak Alfedri tetapkan Status Siaga Darurat Bencana Kabut Asap sejak 31 Januari-31 April 2020 mendatang.

Siak Siaga Darurat Kabut Asap, BPBD Siak Riau Siap 24 Jam, Langsung Turun Jika Terjadi Karhutla
Tribun Pekanbaru/Mayonal Putra
Pemadaman karhutla di Siak 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Bupati Siak Alfedri tetapkan Status Siaga Darurat Bencana Kabut Asap sejak 31 Januari-31 April 2020 mendatang.

Keputusan itu diambil berdasarkan kondisi cuaca yang terik dan terjadinya beberapa kasus karhutla sejak awal Januari 2020.

"Ya betul. Keputusannya sudah kita tandatangani pada 29 Januari 2020," kata Bupati Siak Alfedri, Senin (10/2/2020).

Penetapan itu berdasarkan Surat Keputusan Bupati Siak nomor 230/HK/KPTS/2020. Berdasarkan penetapan status siaga bencaba kabut asap tersebut diminta seluruh elemen ikut menjaga lokasi masing-masing sesuai tugas, pokok, dan fungsi (tupoksi).

"Masing-masing penghulu dan elemen masyarakat menjaga lokasinya. Begitu pula dengan masing-masing perusahaan agar menjaga areal konsesinya supaya tidak terjadi Karhutla yang menimbulkan bencana asap," kata dia.

Alfedri juga meminta kepada seluruh perusahaan membantu melakukan pencegahan di areal sekitar lahan perusahaan. Kemudian ikut berpartisipasi menurunkan tim dan perakatan jika terjadi karhutla di lahan warga atau sekitar perusahaan.

"Sarana prasarana (sarpras) perusahaan juga harus dipenuhi," kata dia.

Kepala Bidang Damkar BPBD Siak Irwan Pryatna mengatakan, Sarpras pada BPBD terus dilengkapi. Pihaknya juga on call 24 jam dan siap turun jika terjadi karhutla.

"Bahkan kita berlakukan patroli ke kampung-kampung. Kapan saja ada karhutla, Insya Allah personel kita siap," kata Irwan.

Sebelumnya, Manggala Agni KLHK juga ikut membantu pemadaman di kampung Tanjung Kuras, Kecamatan Sungai Apit, Minggu (9/2). Mereka kewalahan karena minimnya persediaan air pada lahan yang terbakar.

Halaman
123
Penulis: Mayonal Putra
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved