Bawaslu Mulai Rekrut Panwas untuk Pilkada Serentak di Riau

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) di sembilan Kabupaten dan Kota yang ikut Pilkada di Riau mulai melakukan perekrutan Pengawas Kelurahan dan Desa.

Bawaslu Mulai Rekrut Panwas untuk Pilkada Serentak di Riau
Tribun Jogja / Suluh Pamungkas
Ilustrasi Pilkada Riau 2020. 

Bawaslu Mulai Rekrut Panwas untuk Pilkada Serentak di Riau

TRIBUNPEKANBARU.COM - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) di sembilan Kabupaten dan Kota yang ikut Pilkada di Riau mulai melakukan perekrutan Pengawas Kelurahan dan Desa.

Perekrutan ini sudah dimulai sejak Senin (10/2/2020).

"Saat ini kita mulai melakukan perekrutan untuk pengawas di tingkat Kelurahan dan Desa, jumlahnya 1.500 orang di sembilan daerah itu," ujar Komisioner Bawaslu Riau Divisi SDM Hasan kepada tribunpekanbaru.com Selasa (11/2/2020).

Menurut Hasan perekrutan langsung dilakukan tim dari Panitia Pengawas Kecamatan yang sudah terpilih dan dilantik sebelumnya.

"Akhir bulan ini atau pertengahan Maret nanti akan dilantik, sesuai jadwalnya dimulai bekerja pada Maret,"jelas Hasan.

Perekrutan Pengawas Kelurahan dan Desa ini tetap mengedepankan integritas dan tidak pernah bergabung dan terlibat dengan partai politik maupun tim kampanye di Pemilu dan Pilkada.

"Perekrutannya yang paling diperhatikan bersangkutan tidak pernah bergabung dengan partai politik serta ikut terlibat politik lainnya," jelas Hasan.

Sementara untuk seluruh anggota Panwascam di Riau sendiri sudah dilantik, terakhir tiga kecamatan yang sebelumnya ditunda perekrutan di Rokan hilir juga sudah dilantik personilnya.

"Semuanya sudah tuntas, sekarang petugas panwascam sudah mulai bekerja melakukan pengawasan karena tahapan juga sudah dimulai,"ujar Hasan.

Sementara untuk perekrutan pengawas TPS di Pilkada serentak akan dilakukan menjelang pelaksanaan pemungutan suara di TPS.

"Baru nanti petugas pengawas TPS untuk berikutnya akan dilakukan perekrutan menjelang pencoblosan,"ujarnya.

Sebagaimana diketahui untuk jumlah panwascam sendiri setiap Kecamatan berjumlah 3 orang, sedangkan pengawas kelurahan dan Desa 1 orang ditambah pengawas TPS nantinya satu orang setiap TPS.

( Tribunpekanbaru.com/Nasuha Nasution )

Penulis: Nasuha Nasution
Editor: Ilham Yafiz
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved