KPU Riau Canangkan Sistem E-rekap dalam Rekap Suara Pilkada Serentak 2020

Komisi Pemilihan Umum (KPU) mencanangkan sistem rekap suara pada Pilkada serentak 2020 dengan menggunakan E-rekap.

KPU Riau Canangkan Sistem E-rekap dalam Rekap Suara Pilkada Serentak 2020
Tribun Jogja / Suluh Pamungkas
Ilustrasi Pilkada Riau 2020. 

KPU Riau Canangkan Sistem E-rekap dalam Rekap Suara Pilkada Serentak 2020

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mencanangkan sistem rekap suara pada Pilkada serentak 2020 dengan menggunakan E-rekap.

Penggunaan E-rakap dilakukan agar proses rekapitulasi lebih mudah dibandingkan proses secara manual.

E-rekap pada Pilkada serentak di 2020 merupakan percobaan untuk targetnya di Pemilu 2024 mendatang. Sehingga KPU RI mulai memetakan daerah untuk percontohan.

Sejumlah daerah di tanah air siap untuk menjalankan sistem E-rekap, terutama daerah perkotaan yang akses internetnya sudah terjangkau dengan baik.

Karena E-rekap tersebut langsung terkoneksi dengan sistem penghitungan suara yang bisa dijangkau dengan penuh transparan. 

Di antara daerah yang siap untuk menjalankan itu Riau, menurut ketua KPU Riau Ilham Muhammad Yasir Riau di dalamnya ada sembilan kabupaten dan kota ikut Pilkada siap menerapkan itu.

"Tentunya siap, karena basis e-rekap IT nya ada di KPU RI, Riau InshaAllah wilayahnya untuk kecamatan sebagian besar terjangkau internet. karena e-rekap sangat tergantung dengan internet,"ujar Ilham Muhammad Yasir.

Ilham mengatakan sistem E-rekap ini sangat bagus diterapkan karena banyak menguntungkan, tentunya lebih efisien dan transparan.

"Dengan e-rekap tidak hanya soal transparansinya lebih bagus, juga menghemat waktu dan biaya,"ujar Ilham.

Sementara itu Komisioner KPU Riau Divisi Sosialisasi Nugroho Noto Susanto menambahkan apakah akan diterapkan di Riau pada Pilkada serentak sembilan Kabupaten dan Kota, menurutnya masih menunggu arahan.

"Itu baru mau dimulai pada pilkada ini. kita tunggu arahan berikutnya dari KPU RI. karena nanti akan ada Bimtek ke seluruh divisi teknis. Saat ini belum ke tahapan tersebut,"ujar Nugroho Noto Susanto.

E-rekap akan menggantikan salinan rekapitulasi di TPS. Dengan sistem e-rekap, KPPS tinggal mengirimkan foto plano ke aplikasi atau server yang sudah disiapkan.

( Tribunpekanbaru.com/Nasuha Nasution )

Penulis: Nasuha Nasution
Editor: Ilham Yafiz
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved