Berita Riau

PROGRES Pembangunan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai Capai 90 Persen dan Beroperasi Mudik Lebaran 1441 H

Ruas Jalan Tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 Kilometer ditargetkan sudah bisa dioperasikan pada mudik lebaran tahun 1441 Hijrah

PROGRES Pembangunan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai Capai 90 Persen dan Beroperasi Mudik Lebaran 1441 H
Tribun Pekanbaru/Theo Rizky
PROGRES Pembangunan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai Capai 90 Persen dan Beroperasi Mudik Lebaran 1441 H 

PROGRES Pembangunan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai Capai 90 Persen dan Beroperasi Mudik Lebaran 1441 H

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Ruas Jalan Tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 Kilometer ditargetkan sudah bisa dioperasikan pada mudik lebaran tahun 1441 Hijrah.

Hingga saat ini, progres pembangunan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai sudah mencapai rata-rata 90 persen di semua seksi.

Sedang progres pengadaan tanah hampir mencapai 95 persen.

"Kami masih menyelesaikan proses pengadaan tanah di seksi 2 terkait lahan konsinyasi. Sedangkan di seksi 3 tinggal menunggu eksekusi. Kemudian di seksi 4 masih terkendala penyelesaian perubahan trase jalan tol terkait crossing utilitas Chevron Pacific Indonesia," kata SEVP of Corporate Secretary PT Hutama Karya (Persero), Muhammad Fauzan kepada Tribunpekanbaru.com pada Selasa (11/2/2020).

Pihaknya optimis ruas tol Pekanbaru-Dumai yang terbagi menjadi 6 seksi ini selesai pembangunan konstruksinya April 2020, sehingga saat mudik lebaran nanti sudah bisa dilewati oleh pemudik.

Baik yang dari Pekanbaru ke Dumai maupun sebaliknya.

"Catatan pembebasan lahan selesai di Maret 2020 ini, sehingga dapat digunakan fungsional pada Mudik Lebaran 2020," ujarnya.

Jika tol Pekanbaru-Dumai ini sudah dioperasikan maka waktu tempuh dari Pekanbaru ke Dumai dan sebaliknya akan jauh lebih hemat.

Pengendara hanya butuh waktu sekitar 2 sampai 3 jam saja.

Jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan melintasi jalan raya yang bukan tol yang membutuhkan waktu sekitar 6 sampai 7 jam.

Itupun jika tidak ada kemacetan di jalanan.

Ruas tol Pekanbaru-Dumai seksi 1 sendiri yaitu dari Gerbang Tol (GT) Pekanbaru–GT Minas sepanjang 9,5 Km, sempat dibuka secara fungsional pada saat Arus Mudik Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 kemarin yaitu dari tanggal 23 Desember 2019 hingga 2 Januari 2020 dan telah dilintasi hingga 40.518 kendaraan golongan I (Non Bus).

"Jalan tol ini diharapkan dapat memperlancar arus distribusi barang dari pusat industri ke seluruh wilayah Sumatera, mengintegrasikan antar kawasan serta meningkatkan dan memudahkan akses Pekanbaru sebagai ibukota provinsi dengan Dumai sebagai daerah pelabuhan," kata Fauzan.

Jalan Tol Pekanbaru-Dumai - Tribunpekanbaru.com / Syaiful Misgiono.

Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Nolpitos Hendri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved