Virus Corona

Antisipasi Masuknya Virus Corona ke Riau, Pintu Masuk Pelabuhan Penumpang di Dumai Diperketat

Pintu masuk pendatang ke Riau diperketat. Tidak hanya jalur udara, tapi juga pintu masuk pendatang yang masuk ke Riau melalui jalur laut.

Antisipasi Masuknya Virus Corona ke Riau, Pintu Masuk Pelabuhan Penumpang di Dumai Diperketat
Tribun Pekanbaru/Fernando Sikumbang
Foto Ilustrasi - Suasana Pelabuhan Dumai pada Selasa (13/10/2015) siang. 

PEKANBARU - Pintu masuk pendatang ke Provinsi Riau diperketat. Tidak hanya dari jalur udara, namun pintu masuk pendatang yang masuk ke Riau melalui jalur laut juga diperketat. Seperti yang terlihat di pelabuhan penumpang di Kota Dumai.

Sejumlah penumpang dari Malaysia tampak dilakukan pemeriksaan saat baru tiba di pelabuhan ini. Pengelola pelabuhan penumpang Dumai sudah melengkapi pelabuhan ini dengan alat Body Scanner dan Thermal Sceanner. Setiap penumpang dari baik dari dama negeri maupun luar negeri seluruhnya dilakukan pemeriksaan.

Upaya ini dilakukan guna mengantisipasi masuknya wabah virus Corona melalui jalur laut. Untuk memastikan antisipasi masuknya virus corona yang dilakukan di pelabuhan Dumai, Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, Rabu (12/2/2020) melakukan peninjauan ke pelabuhan tersebut.

Peninjauan Kadiskes ke pelabuhan penumpang di Kota Dumai ini untuk memastikan tidak masuknya virus Corona melalui jalur laut.

"Semua penumpang yang masuk dari Malaka Malaysia dilakukan pemeriksaan menggunakan Body Scanner dan Thermal Sceanner," katanya.

Mimi mengungkapkan, berdasarkan laporan yang dirinya terima darti Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) hingga saat ini penumpang yang masuk dari Pelabuhan Dumai, belum ditemukan penumpang yang terdeteksi terinfeksi virus Corona.

"Semua penumpang yang masuk dari Malaysia melalui jalur laut, baik itu Warga Negara Asing (WNA) maupun Warga Negara Indonesia (WNI) tetap dilakukan pemeriksaan," ujarnya.

Dinas Kesehatan Riau bersama Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) terus melakukan upaya pencegahan masuknya virus corona ke Riau. Meskipun penumpang dari Cina sudah tidak lagi diperbolehkan masuk ke Indonesia, namun pencegahan tetap dilakukan terhadap penumpang internasional lainnya.

Mimi mengatakan, saat ini pihaknya fokus melakukan pengecekan terhadap penumpang internasional flight yang berasal dari negara Singapura dan Malaysia. Pasalnya, saat ini sudah ada ditemukan warga Singapura yang positif mengidap virus corona.

"Jadi fokusnya sekarang penumpang dari Singapura, karena disana sudah ada ditemukan virus corona. Tapi penumpang internasional flight dari negara lain juga tetap dipantau intensif," katanya.

Halaman
12
Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved