Berita Riau

Didominasi Pakaian Bekas,Polair Polres Bengkalis Riau Terima Pelimpahan BB dari Polair Mabes Polri

Barang bukti (BB) yang dilimpahkan antara lain, satu unit Kapal Motor (KM) Oya Makmur II GT 3 dengan muatan didominasi oleh pakaian bekas.

Didominasi Pakaian Bekas,Polair Polres Bengkalis Riau Terima Pelimpahan BB dari Polair Mabes Polri
TRIBUNPEKANBARU/M NATSIR
Barang bukti pakaian bekas ilegal yang diamankan saat ini disimpan di gudang Polair Bengkalis, Kamis (13/2/2020) siang. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, BENGKALIS - Satuan Polisi Perairan dan Udara (Sat Polairud) Polres Bengkalis menerima limpahan penegahan kapal penyelundupan barang barang bekas asal Malaysia dari kapal Polair Mabes Polri, Rabu (12/2/2020) sore.

Barang bukti yang dilimpahkan antara lain, satu unit Kapal Motor (KM) Oya Makmur II GT 3 dengan muatan didominasi oleh pakaian bekas.

Kanit Gakkum Polairud Polres Bengkalis Ipda Dodi Ripo Saputra, Kamis (13/2) mengatakan, kapal yang dilimpahkan membawa lebih kurang 250 karung pakaian bekas, tiga unit kasur bekas, tiga unit sepeda, empat karung kapur, serta satu karung bawang putih dan beberapa kotak barang lain.

Selain barang bukti, Polair Mabes Polri juga melimpahkan dua orang yang sudah ditetapkan tersangka yaitu Rus (30) Kepala Kamar Mesin dan MI (24) yang merupakam ABK kapal.

"Sementara kita juga tetapkan satu tersangka lainnya yakni Mis yang merupakan pemilik kapal saat ini melarikan ketika akan diamankan Satpolairud Mabes Polri," terang Dodi.

Hasil pemeriksaan sementara, dua tersangka yang diamankan ini mengaku sudah lima kali melakukan upaya penyeludupan barang dari Malaysia masuk ke Indonesia melalui Bengkalis.

Barang ilegal ini rencananya akan diedarkan di wilayah Pambang Kecamatan Bantan tempat barang ilegal ini masuk.

Kapal pembawa barang ilegal ini diamankan petugas oleh petugas Polair Mabes Polri dipimpin Komandan Kapal (Danpal) KP Kedidi 3015, Ipda Rizky Hidayah Harahap, Selasa (11/2) malam.

Kapal berangkat dari Batu Pahat Malaysia saat diamankan sedang bersandar di Pelabuhan Tikus perairan Pambang sekitar pukul 22.30 WIB.

"Kapal itu diamankan petugas saat sedang melakukan bongkar muatan di pelabuhan tikus yang berada di Desa Pambang Baru. Ketika petugas datang pemilik barang berinisial Mis berada di sana, namun saat petugas datang langsung melarikan diri," terangnya.

Menurut Dodi, pihaknya masih melakukan pengejaran terhadap satu tersangka ini. Mudah mudahan dalam waktu dekat dapat diamankan karena identitasnya sudah di ketahui.

Sejak awal tahun ini, sudah dua kapal diamankan Satpolair Polres Bengkalis membawa barang ilegal. Maraknya masuk barang ilegal melalui perairan Bengkalis saat ini Polair Polres Bengkalis memperketat penjagaan di perairan. (Tribunpekanbaru.com/muhammad natsir)

Penulis: Muhammad Natsir
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved