Pekerja Jalan Tol Pekanbaru Dumai Tewas

Pengerjaan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai Lanjut Pasca Kecelakaan, Mudik Lebaran Bisa Digunakan

Pembangunan Jalan tol ruas Pekanbaru-Dumai ini ditargetkan selesai pembangunan konstruksinya sebelum mudik lebaran Idul Fitri 2020.

Pengerjaan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai Lanjut Pasca Kecelakaan, Mudik Lebaran Bisa Digunakan
Tribun Pekanbaru/Theo Rizky
Suasana Jalan Tol Pekanbaru-Dumai di Kelurahan Muara Fajar, Kecamatan Rumbai Pesisir, pekanbaru, Selasa (10/12/2019). (TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY). 

PEKANBARU - Kecelakaan kerja terjadi saat pelaksanaan proyek Jalan Tol Pekanbaru-Dumai pada Senin (10/2/2020) lalu sekitar pukul 17.00 WIB lalu.

Seorang pekerja Jalan Tol Pekanbaru-Dumai tewas tertimpa crane.

Satu orang pekerja laki-laki bernama Apriyanto Manik (22) yang merupakan karyawan PT Grant Surya Pondasi, selaku sub-kontraktor PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI), tewas mengenaskan tertimpa crane.

Polisi saat ini sedang menyelidiki kasus kecelakaan kerja tersebut.

Pembangunan Jalan tol ruas Pekanbaru-Dumai ini ditargetkan selesai pembangunan konstruksinya sebelum mudik lebaran Idul Fitri 2020, akhir Mei mendatang.

Ruas tol sepanjang 131 kilometer ini terbagi menjadi 6 seksi. 

"Progres ruas tol Pekanbaru-Dumai cukup cepat prosesnya. Untuk pengadaan tanah hampir 100 persen jadi pembangunan konstruksi juga bisa cepat. Kita targetkan mudik Lebaran sudah bisa digunakan oleh masyarakat” kata Bintang Perbowo, Direktur Utama Hutama Karya, Selasa (21/1/2020).

Sebelumnya, untuk seksi 1 sendiri yaitu dari Gerbang Tol (GT) Pekanbaru–GT Minas sepanjang 9,5 Km, sempat dibuka secara fungsional pada saat Arus Mudik Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 kemarin yaitu dari tanggal 23 Desember 2019 hingga 2 Januari 2020 dan telah dilintasi hingga 40.518 kendaraan golongan I (Non Bus).

Setelah selesai dilakukan ujicoba, tol Pekanbaru - Dumai kemnali ditutup dan tidak bisa lagi dilewati kendaraan umum. Tol akan dibuka kembali saat seluruh pembangunannya tuntas.

Selama lebih kurang 11 hari difungsionalkan, pengelola tol Pekanbaru - Dumai mencatat sebanyak 40.518 unit kendaraan yang melintasi tol Pekanbaru - Minas. Jika dirata-ratakan per hari, maka dalam satu hari rata-rata kendaraan yang melintas di tol Pekanbaru - Dumai ini sekitar 3.600 an.

Dengan berakhirnya masa fungsional Tol Pekanbaru - Dumai yang dibuka selama 11 hari, PT Hutama Karya (Persero) kembali melanjutkan pembangunan tol Pekanbaru - Dumai untuk seksi II hingga VI. Pihaknya menargetkan Maret 2020, Tol Pekanbaru - Dumai sudah bisa dibuka kembali untuk dioprasionalkan.

Namun sebelum dioperasional, terlebih dahulu akan dilakukan Uji Layak Operasional (ILO) yang dilakukan oleh tim. Setelah ILO selesai, dan tim menyatakan layak operasi, maka Tol Pekanbaru - Dumai akan dibuka untuk dioperasionalkan.

"Untuk ILO kita perkirakan di bulan Februari 2020. Mudah-mudahan kalau tidak ada halangan Maret 2020 sudah bisa dibuka kembali untuk dioperasionalkan," kata Kepala Cabang Operasional Tol Pekanbaru - Dumai, Indra Putrayana.

Namun apakah saat operasional perdana nanti akan dilakukan seremonial peresmian, pihaknya belum bisa memastikan. Meskpun dibeberapa daerah memang saat operasional perdana ditandai dengan peresmian.

"Biasa begitu, tapi kita belum bisa mematikan karena belum dapat kabar," ujarnya. (Syaiful Misgiono)

Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved