Sekda Pekanbaru Tegaskan Tes SKD CPNS Transparan, Imbau Peserta Tak Percaya Jimat atau Kunci Jawaban

Sekda Pekanbaru, M Noer MBS, mengingatkan peserta SKD CPNS untuk percaya pada diri sendiri dalam menuntaskan soal-soal ujian SKD.

Sekda Pekanbaru Tegaskan Tes SKD CPNS Transparan, Imbau Peserta Tak Percaya Jimat atau Kunci Jawaban
riausidik
Sekda Pekanbaru, M Noer MBS

tribunpekanbaru.com - Belasan ribu peserta seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, bakal mengikuti ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang akan mulai dilaksanakan pada pekan depan.

Para peserta ujian CPNS ini bakal menjalani tes SKD terhitung mulai Senin (17/2) mendatang, dan lokasi ujian ini bertempat di gedung SKA Co Ex, yang berada di Jalan Soekarno-Hatta, Pekanbaru.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru, Muhammad Noer MBS memastikan rangkaian seleksi CPNS 2019 Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan berlangsung secara transparan. Ia juga memastikan tidak akan ada celah untuk melakukan kecurangan dalam mengikuti tes ini.

Karena hasil seleksi CPNS ini bakal langsung terlihat di layar komputer masing-masing peserta, usai mereka menuntaskan ujian dengan metode Computer Assisted Test (CAT) tersebut.

"Proses pelaksanaan ujian ini juga akan diawasi langsung oleh pihak BKN (Badan Kepegawaian Negara)," paparnya kepada Tribun, Kamis (13/2), tentang pelaksanaan tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS kali ini.

Menurut M Noer, para peserta tes SKD CPNS diimbau agar tidak percaya dengan penggunaan jimat atau kunci jawaban SKD bila ada beredar. Ia pun mengimbau agar para peserta fokus saja untuk memuntaskan menjawab soal-soal ujian CAT SKD dengan baik, agar mendapat nilai baik sesuai passing grade yang dibutuhkan.

"Jangan percaya pada jimat atau kunci jawaban yang beredar. Sebaiknya fokus saja pada kemampuan diri sendiri untuk menuntaskan ujian," katanya berpesan.

Di luar itu, M Noer juga memastikan bahwa Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Pekanbaru yang menjadi panitia daerah seleksi CPNS, sudah melakukan persiapan pelaksanaan ujian ini dengan sebaik mungkin. Sudah ada ratusan unit komputer yang disiagakan di lokasi ujian tersebut, yang akan dipakai oleh peserta ujian. Selain itu, juga disiapkan sejumlah unit komputer yang akan menjadi cadangan.

Dikatakan, Panitia seleksi dari Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru telah menyiapkan sekitar 400 unit komputer untuk pelaksanaan CAT ini.

Ujian CAT SKD dalam rangkaian seleksi CPNS 2019 di Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru ini, rencananya akan bergulir selama sepuluh hari.

Para peserta akan jalani seleksi secara bergantian pada hari pelaksanaan yaitu dimulai tanggal 17 Februari 2020 sampai tanggal 27 Februari 2020 mendatang.

Setiap harinya akan ada lima sesi pelaksanaan ujian SKD ini. Jumlah peserta dalam setiap sesi ujian ini sebanyak 380 orang.

Sedangkan total jumlah peserta SKD Pemko Pekanbaru ini mencapai 16.854 orang. Jumlah ini sesuai dengan jumlah pelamar CPNS yang sebelumnya sudah dinyatakan lolos dari seleksi administrasi.

Belasan ribu peserta seleksi CPNS itu akan saling bersaing untuk mengisi formasi yang tersedia dalam seleksi CPNS Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru kali ini, yang membutuhkan 346 orang CPNS baru. (fer)

Penulis: Fernando
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved