VIDEO Tindaklajuti Arahan Panglima & Kapolri, Gubernur Riau Minta Bupati dan Walikota Siaga Karhutla

Gubri meminta kepada seluruh bupati dan walikota untuk meningkatkan kesiap-siagaan menyusul mulai masuknya musim kemarau dibeberapa daerah di Riau

TRIBUNPEKANBARU.COM-- Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengaku senang atas kunjungan Kapolri dan Panglima TNI ke Provinsi Riau.

Apalagi dalam kunjungan ini, kedua pimpinan tertinggi di instansi TNI dan Polri ini mengapresiasi langkah cepat yang dilakukan Pemprov Riau bersama stake holder dalam menanggulangi bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Riau.

"Tanggapan beliau cukup bagus karena tahun ini kita dianggap sudah lebih siap untuk menghadapi kebakaran hutan dan lahan," kata Syamsuar sesaat setelah melepas Kapolri dan Panglima TNI usai pertemuan di Balai Pauh Janggi, Gedung Daerah, Jalan Diponegoro Pekanbaru, Rabu (12/2/2020).

"Bahkan tadi Pak Kapolri sempat menyampaikan bahwa seluruh Polda di Indonesia bisa mencontoh apa yang sudah dibuat di Riau dalam hal penanganan kasus Karhutla," ujar Syamsuar.

Gubri menjelaskan, dalam lawatanya ke Riau panglima TNI dan Kapolri menyampaikan sejumlah arahan khusus untuk Provinsi Riau menyikapi masuknya musim kemarau yang berpotensi terjadinya Karhutla.

Salah satu langkah yang akan dilakukan adalah melakukan modifikasi cuaca membuat hujan buatan dengan menaburkan garam di awan yang ada di Riau.

Khususnya di daerah-daerah yang sudah minim curah hujanya.

"Panglima TNI dan Kapolri akan mempersiapkan TMC lebih cepat di Riau.

Sehingga beberapa kabupaten yang sudah minim curah hujanya akan dibuat hujan buatan," ujarnya.

Selain itu, pemerintah pusat melalui Panglima TNI, Kapolri dan BNPB nantinya juga akan menurunkan bantuan berupa helikopter untuk water bombing dan patroli udara.

Halaman
12
Penulis: Syaiful Misgio
Editor: didik ahmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved