Virus Corona

Dinkes Provinsi Riau Tinjau Pintu Masuk Bengkalis, Antisipasi Masuknya Virus Corona

Kunjungan dilakukan melihat secara langsung kesiapsiagaan antisipasi penularan virus Corona di Bengkalis.

Istimewa
Kadis Kesehatan Provinsi Riau saat berkunjung ke Pelabuha BSSR Selat Baru, Kamis (13/2/2020) 

Dinkes Provinsi Riau Tinjau Pintu Masuk Bengkalis, Antisipasi Masuknya Virus Corona

BENGKALIS - Memastikan upaya antisipasi masuknya virus carona berjalan secara maksimal di Bengkalis, Kepala Dinas Kesehatan Riau Mimi Yuliarti dan rombongan melakukan kunjungan ke Pulau Bengkalis, Kamis (13/2/2020) kemarin.

Kunjungan dilakukan melihat secara langsung kesiapsiagaan antisipasi penularan virus Corona di Bengkalis.

Beberapa titik yang di kunjungungi Kepala Dinas Kesehatan Provinsi ini diantaranya Pelabuhan Internasional Bandar Sri Setia Raja (BSSR) serta UPT Puskesmas Selat Baru Kecamatan Bantan dan RSUD Bengkalis.

Hal ini diungkap Alwizar Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Bengkalis kepada awak media, Jumat (14/2/2020) siang.

Menurut Alwizar saat berada di Pelabuhan BSSR Selat Baru Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau dan rombongan mendengarkan penjelasan tentang upaya upaya pencegahan masuknya virus Corona dari pintu masuk Negara yang disampaikan dirinya.

Pada kesempata itu Alwizar mengatakan setiap penumpang yang datang dilakukan sreening oleh petugas KKP di backup oleh tenaga medis dari UPT Puskesmas Selat Baru.

“Ada empat instrumen pemeriksaan yang dilakukan terhadap penumpang dan ABK Kapal dari Malaysia diantaranya pemindaian suhu tubuh, indikasi infeksi tenggorokan, indikasi infeksi paru-paru, dan indikasi demam tinggi melalui pemeriksaan pupil mata," Alwizar.

Jika terpenuhi keempat indikasi tersebut, maka akan dilakukan observasi secara lebih mendalam di UPT Puskesmas Selat Baru.

Kemudian nanti diputuskan apakah dilanjutkan evakuasi ke RSUD Bengkalis atau tidak.

Saat kunjungan tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau sangat mengapresiasi soliditas dukungan lintas sektor dalam mendukung kesiapsigaan antisipasi ini.

"Dimana Kepala Dinas meminta kita untuk terus menjalin kerjasama yang baik ini. Karena tujuannya untuk membentengi daerah dan masyarakat dari kemungkinan masuknya penyakit," ungkapnya.

Kadis Kesehatan Riau juga, mengharapkan agar fasilitas sanitasi baik di kapal maupun di pelabuhan agar dipenuhi. Sehingga memudahkan orang untuk melakukan cuci tangan pakai sabun.

Sedangkan saat beekunjung di UPT Puskesmas Selat Baru Kecamatan Bantan, Kepala Dinas Kesehatan Riau dan rombongan meninjau kesiapan petugas medis, peralatan dan ruangan khusus.

Sementara itu saat kunjungan di RSUD rombongan Kadis Kesehatan meninjau ruangan isolasi dan melihat kesiapan petugas di sana. (Tribunpekanbaru.com/Muhammad Natsir)

Penulis: Muhammad Natsir
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved