Menaker ke Riau

Menaker Ida Fauziyah ke Riau Pimpin Upacara Bulan K3 Nasional ke 50 di Riau, Sebut Tantangan Baru K3

Menteri Tenaga Kerja (Menaker) RI, Ida Fauziyah menjadi inspektur upacara bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) nasional tahun 2020

Menaker Ida Fauziyah ke Riau Pimpin Upacara Bulan K3 Nasional ke 50 di Riau, Sebut Tantangan Baru K3
Tribun Pekanbaru/Syaiful Misgiono
Menaker Ida Fauziyah ke Riau Pimpin Upacara Bulan K3 Nasional ke 50 di Riau, Sebut Tantangan Baru K3 

Menaker Ida Fauziyah ke Riau Pimpin Upacara Bulan K3 Nasional ke 50 di Riau, Sebut Tantangan Baru K3

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Menteri Tenaga Kerja (Menaker) RI, Ida Fauziyah menjadi inspektur upacara bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) nasional tahun 2020 di Halaman Kantor PTPN V, Jalan Rambutan Pekanbaru, Jumat (14/2/2020).

Meski sempat diguyur hujan gerimis, namun upacara bulan keselamatan dan kesehatan kerja nasional yang ke 50 di Provinsi Riau berjalan lancar.

Maneker Ida Fauziyah mengatakan, di usianya yang memasuki setengah abad undang-undang K3 saat ini memiliki tantangan baru dalam dunia ketenaga kerjaan.

Salah satu diantaranya revolusi industri 4.0 yang membutuhkan upaya inovatif dalam rangka mengandalikan bahaya baru akibat dari jenis-jenis pekerjaan baru dengan pendekatan otomatisasi, super computer dan fleksibilitas pola kerja.

"Kemenaker saat ini memiliki rencana strategis nasional dibidang ketenagakerjaan. Yaitu, meningkatnya tenaga kerja yang berdaya saing dan iklim hubungan industrial yang kondusif dalam menghadapi pasar kerja yang flesibel," kata Ida.

Lebih lanjut Ida mengatakan, dalam agenda pembangunan nasional tersebut harus didukung dengan penerapan K3 agar seluruh pelaksanaan kegiatan tidak terjadi kecelakaan dan penyakit akibat kerja.

Teciptalah tempat kerja yang aman, nyaman, sehat dan mencapai produktifitas yang tinggi.

"Penerapan K3 pada revolusi industri 4.0 memerlukan strategi pengendalian yang efektif, efisien dan inovatif dalam menghadapi timbulnya potensi bahaya baru akibat munculnya jenis pekerjaan baru dengan pendekatan digital dan IT," ujar Ida dan seminta kepada semua pihak untuk menyikapi fenomena ini dengan meningkatkan kewaspadaan dalam menjaga keselamatan dan kesehatan kerja.

Ida mengungkapkan, berdasarkan data dari BPJS Ketenagakerjaan, tahun 2018 terjadi kecelakaan ditempat kerja mencapai 114.148 kasus.

Halaman
1234
Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Nolpitos Hendri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved