Berita Riau

Minta Kapolres Siak Usut Pelaku, Bupati Alfedri Sebut Karhutla di Siak Riau Disengaja

Bupati Alfedri sudah menetapkan status siaga bencana kabut asap dan meminta Polres Siak mengusut pelaku pada setiap lokasi karhutla.

Minta Kapolres Siak Usut Pelaku, Bupati Alfedri Sebut Karhutla di Siak Riau Disengaja
ist
Bupati Siak Alfedri 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Banyaknya kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di Kabupaten Siak sebulan belakangan ini membuat Bupati Siak Alfedri heran.

Bupati Alfedri sudah menetapkan status siaga bencana kabut asap dan meminta Polres Siak mengusut pelaku pada setiap lokasi kebakaran.

"Saya heran, belum selesai satu lokasi muncul lagi di lokasi lain. Inikan ulah manusia, 99 persen ulah manusia. Sengaja," kata Alfedri, Jumat (14/2/2020).

Luas lahan yang sudah terbakar di Siak melebihi 100 hektare. Titik terbanyak berada di Kecamatan Sungai Apit. Kebakaran di kecamatan ini kebanyakan berada di atas lahan masyarakat, baik yang sudah ditanami nanas, sawit, sagu maupun yang masih semak belukar.

"Semua kita tidak menginginkan ini terjadi. Kami sudah sosialisasi, mengimbau agar tidak membakar lahan, tapi tetap saja terjadi," kata Alfedri.

Ia juga menyebut, akibat kebakaran itu menghabiskan anggaran yang besar. Namun demikian, baik Pemkab Siak maupun TNI/Polri dan Manggala Agni KLHK tetap bekerja keras melakukan pengendalian di lapangan.

"Saya minta kepada Pak Kapolres untuk menyelidiki hingga mengusut kasus karhutla ini," pinta Alfedri.

Sebelumnya, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Siak Syafrizal mengatakan, Bupati Siak Alfedri cepat menetapkan Kabupaten Siak berstatus siaga bencana kabut asap akibat karhutla.

"Pada tanggal 29 Januari 2020, Pak Bupati telah menetapkan status siaga darurat bencana kabut asap," kata dia.

Tujuan penetapan status siaga itu untuk lebih meningkatkan kesiapsiagaan tim Satgas Karhutla Kabupaten Siak.

Halaman
12
Penulis: Mayonal Putra
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved