Meski Dapat Uang Rp 41 Miliar Setiap Hari, WNI Eks ISIS Ngemis Minta Pulang, 'ISIS Tak Seperti Dulu'

Keberadaan ISIS kini diperbincangkan publik karena adanya ratusan anggota WNI memilih keluar dan ingin pulang ke Indonesia.

Meski Dapat Uang Rp 41 Miliar Setiap Hari, WNI Eks ISIS Ngemis Minta Pulang, 'ISIS Tak Seperti Dulu'
NET/tribunmanado
Anggota ISIS 

Meski Dapat Uang Rp 41 Miliar Setiap Hari, WNI Eks ISIS Mengemis Minta Pulang, ISIS Tak Seperti Dulu

Sepak terjang ISIS mampu menarik lebih dari 40.000 petarung asing dari 120 negara (termasuk Indonesia).

Selain itu juga memobilisasi lebih dari 25.000 orang baik dari Irak maupun Suriah.

===

TRIBUNPEKANBARU.COM - Keberadaan ISIS kini diperbincangkan publik karena adanya ratusan anggota WNI memilih keluar dan ingin pulang ke Indonesia.

Gerakan ekstremis internasional dengan tujuan membangun kekhalifahan global dikenal dengan ISIS telah terpukul lagi untuk ketiga kalinya.

Tercatat dalam sejarah, sebelum kematian pemimpin ISIS yang mengklaim dirinya sebagai Khalifah Ibrahim, Abu Bakr al-Baghdadi pada 27 Oktober 2019 silam, dua pukulan lain terjadi pada tahun 2017 dan 2018.

Pukulan pada 2017 adalah saat ISIS harus kehilangan ibu kota de facto-nya, Raqqa di Suriah Utara dan kota bersejarahnya, Mosul, di Irak Utara.

Dengan ketiga kekalahan ini, daerah kekuasaan mereka satu per satu lepas dari genggaman, dan cita-cita ISIS untuk membangun kekhalifahan global pun hancur.

Tentang kekhalifahan global ini diuraikan oleh Dr KH Ma’ruf Amin yang kini menjadi Wakil Presiden Indonesia dalam “Seminar Nasional Fenomena ISIS bagi NKRI dan Islam Rahmatan Lil’alamin”, 9 Agustus 2014 silam.

Halaman
1234
Editor: Muhammad Ridho
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved