Seminar Nasional Kongres IV IKA UIR, Menaker RI Dorong Angkatan Kerja Punya Kompetensi

Seminar nasional bertajuk strategi pemerintah dalam membangun SDM bangsa Indonesia yang unggul menuju era revolusi industri 4.0 ini

Seminar Nasional Kongres IV IKA UIR, Menaker RI Dorong Angkatan Kerja Punya Kompetensi
Tribun Pekanbaru/Fernando Sikumbang
Menaker ke Riau, Dorong Angkatan Kerja Kompeten, Ida Fauziyah: Mahasiswa Harus Ikut Aneka Pelatihan 

TRIBUNPEKANBARU.COM,PEKANBARU -  Menteri Ketenagakerjaan RI, Ida Fauziyah mendorong angkatan kerja punya kompetensi agar bisa diterima di pasar kerja. Caranya dengan menjalin kerjasama untuk peningkatan kompetensi angkatan kerja.

"Mahasiswa bisa ikut aneka pelatihan dalam meningkatkan kompetensinya menghadapi dunia kerja," pesannya usai menjadi keynote speaker dalam seminar nasional yang berlangsung di Auditorium Rektorat Universitas Islam Riau (UIR), Jum'at (14/2/2020).

Seminar nasional bertajuk strategi pemerintah dalam membangun SDM bangsa Indonesia yang unggul menuju era revolusi industri 4.0 ini adalah rangkaian dari Kongres IV IKA UIR.

Pihaknya siap mendukung peningkatan kompetensi lulusa universitas. Apalagi tiga Balai Latihan Kerja (BLK) di Riau bakal diambil alih pemerintah pusat.

"Kami akan membuat pelatihan sesuai kebutuhan pasar kerja di Riau," paparnya.

Ida menyebut bahwa kedatangannya dalam rangkaian Kemenaker Goes to Kampus. Ia juga menyoroti masih adanya alumni universitas yang masih banyak belum mendapat pekerjaa.

Ada beralasan memilih kerja yang cocok. Ada juga lulusan universitas yang belum sesuai dengan kebutuhan pasar lapangan kerja.

Ia mengklaim tingkat pengangguran 2019 mencapai 5,28 persen. Tingkat pengangguran tahun lalu mengalami penurunan dari tahun 2018 lalu.

Kondisi ini dihadapkan dengan tantangan ketenagakerjaan. Ada 23 juta jenis pekerjaan terdampak otomatosasi.

Namun ada 27 juta hingga 46 juta jenis pekerjaan baru. 10 juta juta di antaranya belum pernah ada di Indonesia.

Halaman
1234
Penulis: Fernando
Editor: Sesri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved