Berita Riau

Diskes Riau Sebut Tidak Ada Pengawasan Khusus Terhadap Enam Warga Riau yang Dipulangkan dari Wuhan

Keenam warga Riau dari Wuhan yang sudah menjalani masa observasi selama 14 hari tersebut seluruhnya dinyatakan dalam kondisi sehat.

Diskes Riau Sebut Tidak Ada Pengawasan Khusus Terhadap Enam Warga Riau yang Dipulangkan dari Wuhan
TRIBUN PEKANBARU / RIZKY ARMANDA
Rio Alfi di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, begitu sampai dari masa Observasi di Natuna, Sabtu (15/2/2020) malam. 

PEKANBARU - Pasca kepulangan enam warga Riau dari Wuhan Cina yang sempat menjalani masa observasi virus corona di Natuna ke Pekanbaru, Dinas Kesehatan Provinsi Riau memastikan tidak ada pengawasan khusus.

Sebab keenam warga Riau dari Wuhan yang sudah menjalani masa observasi selama 14 hari tersebut seluruhnya dinyatakan dalam kondisi sehat.

Sehingga tidak perlu dilakukan pengawasan dari petugas kesehatan.

"Setelah menjalani masa observasi selama 14 hari, mereka seluruhnya dalam kondisi sehat, jadi tidak ada pengawasan khusus dari kita," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir saat dihubungi Tribun, Minggu (16/2/2020).

"Mereka kan sudah mendapatkan sertifikat yang menyatakan tidak ditemukan virus corona, jadi tidak ada yang perlu dikhawatirkan," ujarnya.

Dengan sudah dikantonginya sertifikat bebas virus corona terhadap enam warga Riau dari Wuhan Cina tersebut, pihaknya mengimbau kepada masyarakat, khususnya yang berada di lingkungan enam warga Riau tersebut agar tidak perlu panik.

"Imbauan kita untuk warga, tidak ada yang perlu dikhawatirkan atau ditakutkan untuk berinteraksi dengan mereka (enam warga Riau dari Wuhan). Karena mereka dinyatakan sehat dan tidak ada yang terpapar virus corona," kata Mimi.

Mimi memastikan kondisi enam warga Riau dari Wuhan yang dinyatakan sehat bebas dari virus corona tersebut bukan tanpa alasan.

Sebab sebelumnya mereka sudah melewati serangkaian pemeriksaan yang cukup ketat dan intens.

Tidak hanya saat sudah tiba di tanah dan di lokasi observasi, namun sejak mereka masih berada di Wuhan dan akan dipulangkan ke tanah air juga sudah dinyatakan keenam warga Riau tersebut dalam kondisi sehat.

"Mereka dilakukan pemeriksaan dibawah pengawasan dokter spesialis yang terpilih. Bahkan dalam satu hari itu mereka dua kali dicek kesehatannya. Kemudian diberikan makanan makanan yang bergizi, melakukan aktifitas fisik yang terkait dengan peningkatan imunitas tubuh. Selama 14 hari mereka dilakukan seperti itu dan dinyatakan sehat," ujarnya.

Setelah menjalani observasi dan dinyatakan sehat, enam warga Riau dari Wuhan bersama ratusan warga negara indonesia yang menjalani observasi di Natuna akhirnya dipulangkan ke daerah asalnya masing-masing untuk bertemu dengan keluarganya.

Enam warga Riau yang dipulangkan dari Wuhan setelah diobservasi di Wuhan tersebut juga tampak tidak mengenakan masker sebagai pertanda kondisi kesehatan mereka baik-baik saja.

"Pulangnya kan tidak ada yang pakai masker, tadi malam saja saya dan pak gubernur menjeput mereka juga tidak pakai masker, tidak ada pembatas dalam hal berbicara, tidak ada keragu-raguan, Kerana mereka kan memang sehat," ujarnya. (Syaiful Misgiono)

Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved