Citizen Report

CITIZEN JOURNALISM : Mahasiswa UMRI Bantu Pelaku Usaha Menghitung Harga Pokok Produksi

Harga Pokok Produksi (HPP) adalah semua biaya baik secara langsung maupun tidak langsung yang di keluarkan oleh perusahaan dari proses produksi

CITIZEN JOURNALISM : Mahasiswa UMRI Bantu Pelaku Usaha Menghitung Harga Pokok Produksi
Tribun Pekanbaru/Istimewa/Yulia
Mahasiswa UMRI Bantu Pelaku Usaha Menghitung Harga Pokok Produksi 

Mahasiswa UMRI Bantu Pelaku Usaha Menghitung Harga Pokok Produksi

TRIBUNPEKANBARU.COM, CITIZEN JOURNALISM - Harga Pokok Produksi (HPP) adalah semua biaya baik secara langsung maupun tidak langsung yang di keluarkan oleh perusahaan dari proses produksi hingga produk tersebut dapat dijual atau dipasarkan kepada konsumen.

Penentuan harga pokok suatu produk harus dihitung secara tepat dan akurat agar perusahaan dapat menentukan harga jual produk sesuai dengan persentase keuntungan yang di inginkan.

Apabila perusahaan tidak tepat dalam menghitung hpp, maka bisa saja perusahaan tersebut akan mengalami kerugian.

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) Kelompok 4 dari Program Studi (Prodi) Akuntansi yang dibimbing oleh Dosen Linda Hetri Suriyanti, SE.Ak.M.Ak.CA mencoba membantu salah satu perusahaan untuk menghitung dan menentukan HPP-nya.

Kelompok 4 tersebut terdiri dari Muhammad Al Hafizh, Taufiq Maulana, Tia Okta Nurmawilis, Chyntia Juliani N, Badriah Septia Putri, Vebio Syaf Cantika, dan Yolanda Mayusfa.

Mereka membantu CV. Zafira Teknik dalam menentukan HPP berdasarkan pesanan (Job Costing Method).

CV. Zafira Teknik Pekanbaru sendiri adalah suatu perusahaan yang menjual bahan dan memproduksi pintu Folding Gate yang beralamat di Jl. Melati dekat Teriminal AKAP Pekanbaru.

“Penentuan HPP berdasarkan pesanan adalah suatu metode pengumpulan biaya produksi untuk menentukan HPP atas dasar pesanan. Tujuannya adalah untuk menetukah HPP dari setiap pesanan yang diterima atau diproduksi”, jelas Tia Okta.

Penentuan HPP berdasarkan pesanan membebankan biaya bahan baku langsung dan biaya tenaga kerja langsung ke pesanan berdasarkan biaya sesungguhnya.

Sebaliknya, biaya overhead pabrik dibebankan ke pesanan berdasarkan tarif yang telah ditentukan di awal oleh perusahaan.

Bantu Pelaku Usaha Menghitung Harga Pokok Produksi - Tribunpekanbaru.com / Citizen Journalism / Yulia.

Editor: Nolpitos Hendri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved