Breaking News:

Berita Riau

Kades Diarak Naik Becak,Bupati Yopi Sebut Pelantikan Kades Lebih Meriah dari Pelantikan DPRD Inhu

Sebelum pelantikan, seluruh kades yang akan dilantik dibawa berkeliling Rengat dengan menaiki becak dan diringi dengan drum band.

Tribun Pekanbaru/Bynton Simanungkalit
Bupati Indragiri Hulu, Yopi Arianto. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, RENGAT- Pemkab Indragiri Hulu (Inhu) menggelar pelantikan 62 kades secara serentak di Gedung Dang Purnama, Senin (17/2/2020).

Sebelum pelantikan, seluruh kades yang akan dilantik dibawa berkeliling Rengat dengan menaiki becak dan diringi dengan drum band. Pelantikan itu dinilai Bupati Inhu Yopi Arianto lebih meriah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

"Tahun ini pelantikan Kades lebih meriah daripada pelantikan DPRD Inhu. Pelantikan kali ini memang berbeda dari pelantikan tahun-tahun sebelumnya," ujarnya.

Yopi menjelaskan, pelantikan dilakukan secara serentak guna menghemat anggaran. "Kalau pelantikan di desa, rasanya memperberat kades terpilih dengan kehadiran saya dan pejabat tentunya mengakibat pemborosan," kata Yopi.

Disamping itu, pelantikan dipusatkan di Kecamatan Rengat guna menegaskan status Rengat sebagai ibukota Kabupaten Inhu.

Selanjutnya, Yopi meminta kades bisa menjalin sinergi dengan instansi daerah. Yopi menjelaskan, dana desa saat ini sangatlah besar. Sehingga dalam pengelolaannya, kades harus mampu menjamin transparansi.

"Kades harus mampu menjalankan tupoksinya dalam melaksanakan program pembangunan desa," ujar Yopi.

Yopi juga menegaskan, kades yang dilantik merupakan proses demokrasi. Untuk itu dirinya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang menjamin kesuksesan pilkades serentak.

"Pemilihan kades ini merupakan hasil demokrasi, dan saat ini proses demokrasi di daerah juga sedang berjalan dengan berjalannya pemilihan kepala daerah," kata Yopi.

Dia berharap agar proses pilkada yang sedang berjalan juga jangan sampai terganggu. Hal ini disampaikannya juga menjadi tanggungjawab kades untuk menjaga kelancaran proses pilkada. (Tribunpekanbaru.com/bynton simanungkalit)

Penulis: Bynton Simanungkalit
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved