Breaking News:

Pekanbaru

Wanita Tunawisma Melahirkan di Hutan Kota Pekanbaru, Dinsos Riau Siap Tanggung Ongkos Pulang Kampung

Bayi yang lahir tanpa bantuan orang lain digubuk reyok itu ditemukan sudah meninggal dunia.

Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Ariestia
Istimewa
Wanita tunawisma melahirkan di sebuah gubuk kayu di Jalan Diponegoro Pekanbaru. Kejadian itu akhirnya diketahui oleh warga yang selanjutnya melapor ke Mapolsek Lima Puluh, Senin (17/2/2020). 

PEKANBARU - Kepala Dinas Sosial Provinsi Riau (Kadinsos) Riau, Dahrius Husim mengaku siap untuk membantu seorang wanita muda tunawisma yang melahirkan di hutan Kota Pekanbaru.

Mirisnya, bayi yang lahir tanpa bantuan orang lain digubuk reyok itu ditemukan sudah meninggal dunia.

Ibu dan bayinya yang sudah dua hari meninggal dunia tersebut ditemukan warga di gubuk reyot yang berada di hutan kota, jaraknya sekitar 100 meter dari kediaman dinas Gubernur Riau atau tepatnya di belakang Gedung LAM Riau.

"Karena ini lokasinya ada di Pekanbaru, tentu kita tunggu laporan dari dinas sosial kota Pekanbaru. Nanti kita siapkan biaya untuk kepulanganya ke kampung halamannya," Dahrius, Senin (17/2/2020).

Namun sebelum dipulangkan ke kampung halamannya, harus diselesaikan terlebih dahulu semua urusannya administrasinya dengan pihak terkait.

Termasuk dengan pihak kepolisian jika memang ada proses hukum disana.

"Setelah semua proses selesai kita akan tanggung ongkos untuk kepulanganya. Nanti kita akan koordinasi dengan Dinas Kota Pekanbaru dan Dinas Sosial Dumai untuk melacak ibu ini keluarganya ada dimana. Kalau dari Dumai, dimana alamatnya lengkapnya dan keluarganya siapa, ini diclearkan dulu. Kalau tidak mau kita antar kemana," katanya.

Sementara Lurah Sukamulya Kecamatan Limapuluh, Kota Pekanbaru, Suci Trianingsih yang ikut turun ke lapangan dan mengevakuasi ibu serta bayi yang sudah meninggal dunia tersebut mengatakan, dirinya pertama kali mendapatkan kabar dari seorang warganya.

Pagi itu warganya melaporkan melalui sambungan telepon kepada lurah yang mengabarkan ada seorang wanita yang melahirkan di hutan kota.

Mendapatkan kabar tersebut Suci bersama pihak kepolisian, babinsa dan Camat langsung menuju ke lokasi.

"Sekitar pukul 10.00 WIB saya dihubungi warga setempat, katanya ada bayi meninggal di hutan kota, lokasinya di gubuk hutan kota, samping gedung LAM Riau," kata Suci.

Ketika sampai di lokasi ternyata benar.

Seorang wanita tampak duduk di gubuk reyot dari papan yang ada di hutan kota. Di gubuk ini juga ditemukan jenazah sang bayi yang tidak berdosa dalam kondisi terbungkus kain.

Belakangan terungkap, wanita yang melahirkan di hutan kota tersebut merupakan warga asal Dumai yang memiliki nama lengkap Ika Veronika Pakpahan.

"Wanita ini statusnya orang terlantar dan Tuna Wisma," ujar Suci. (Tribunpekanbaru.com/Syaiful Misgiono). 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved