Bulan Januari Lalu Ada 57 Pasien DBD yang Dirawat di RSUD Dumai

Penderita DBD yang dirawat di RSUD Dumai pada Januari 2020, jumlahnya tak berbeda dengan jumlah pasien pada periode sama tahun 2019 lalu.

Bulan Januari Lalu Ada 57 Pasien DBD yang Dirawat di RSUD Dumai
ist
Nyamuk DBD 

tribunpekanbaru.com - Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kota Dumai menjadi perhatian khusus. Selama Januari 2020 lalu saja, Rumah Sakit Umum (RSUD) Kota Dumai mencatat ada 57 pasien yang diserang penyakit yang disebarkan melalui nyamuk aedes aegypti ini.

Kasi Pelayanan Medis RSUD Dumai, Ns Junaina Ridwan mengatakan, jumlah penderita DBD di awal tahun 2020 ini masih sama dengan tahun lalu, yaitu berkisar di angka 57 pasien. Angka itu hanya pasien yang dirawat di RSUD Dumai.

"Januari tahun lalu (2019) ada 58 pasien penderita DBD, untuk tahun 2020 ini tercatat ada 57 penderita DBD yang kita tangani," katanya Selasa (18/2).

Para penderita DBD ini berdomisili di tiga kecamatan di Kota Dumai, yakni Kecamatan Dumai Barat, Dumai Selatan, dan Bukit Kapur. Masing-masing kecamatan ada dua kelurahan yang warganya terserang DBD.

"Kelurahan Purnama, Bagan Keladi, Bukit Timah, Bukit Datuk, Bagan Besar, dan Bukit Kapur, merupakan wilayah yang dominan terserang DBD selama Januari 2020," jelasnya.

Ia menambahkan, untuk penderita DBD ini didominasi masyarakat usia 5-15 tahun. Untungnya, sampai saat ini belum terdapat pasien yang meninggal dunia akibat terserang penyakit ini.

Junaina lantas mengimbau masyarakat terutama yang berdomisili di wilayah rentan DBD, untuk lebih memperhatikan kebersihan lingkungan dan selalu menerapkan pola hidup sehat guna terhindar dari penyakit.

Menurutnya, langkah yang paling jitu untuk mencegah DBD adalah dengan memberantas sarang nyamuk dengan melakukan program 3M yakni menguras, mengubur barang barang bekas yang bisa menjadi tempat nyamuk berkembang biak, dan menutup tempat penampungan air agar nyamuk tidak bisa bertelur.

"Kalau program 3M ini bisa diterapkan, saya yakin nyamuk ini tidak akan berkembang dan DBD bisa dicegah, apalagi sekarang musim penghujan," katanya. (dkp)

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved