BNN Dumai Mendadak Tes Urine Kru Kapal Basarnas di Dumai, Seluruhnya Negatif

Kepala BNN Dumai juga menegaskan, LSM tidak berhak melaksanakan tes urine. Hanya BNN dan kepolisian yang bisa menggelar tes urine.

BNN Dumai Mendadak Tes Urine Kru Kapal Basarnas di Dumai, Seluruhnya Negatif
tribun pekanbaru
BNN Dumai menggelar tes urine terhadap awak kapal RB 218 Basarnas Pekanbaru wilayah kerja Dumai, Rabu (19/2). Dari hasil tes, seluruh awak kapal negatif mengonsumsi narkoba. 

tribunpekanbaru.com - Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Dumai melakukan tes urine mendadak terhadap 11 anggota Kapal RB 218 Basarnas Pekanbaru wilayah kerja Dumai, Rabu (19/2). Tes urine ini dilaksanakan di dermaga Pokala Pelindo Dumai.

Kepala BNN Kota Dumai, AKBP Thamrin Parulian mengungkapkan, ini merupakan program BNN untuk melakukan tes urine ke semua instansi vertikal di Kota Dumai. Ini dilakukan dalam upaya pemberantasan narkoba yang memang harus dimulai dari abdi negara.

Dari hasil pemeriksaan urine semua anggota kapal RB 218 Basarnas Pekanbaru wilayah Kerja Dumai, semuanya dinyatakan bebas dari narkoba.

"Semuanya negatif, tentu kami apresiasi. Ini menunjukkan mereka ikut dalam memberantas narkoba dengan cara tidak menggunakannya," katan Thamrin, Rabu (19/2).

Dikatakan, yang berhak melakukan tes urine hanya BNN dan kepolisian. Sehingga jika ada LSM yang mengaku bekerja sama dengan BNN untuk melaksanakan tes urine, itu adalah tidak benar.

Menurutnya hal seperti itu sudah pernah terjadi, saat ada LSM yang melakukan tes urine di Dishub Dumai. Mereka menjual nama BNNK Kota Dumai, padahal mereka sama sekali tidak ada kerja sama dengan pihaknya, sehingga kegiatan itu dipastikan ilegal.

Ia pun mengimbau seluruh pihak berhati-hati dengan modus seperti itu, dan berharap ke depan tidak ada lagi pihak yang menggunakan cara seperti itu.

Kapten Kapal RB 218 Basarnas Pekanbaru Wilayah Kerja Dumai, Leni Tadika, membenarkan kru kapalnya di tes urine oleh BNN Kota Dumai. "Alhamdulillah semuanya negatif, tidak ada yang mengonsumsi narkoba," tuturnya.

Leni mengaku memang selalu memperingatkan seluruh anggotanya agar tidak bersentuhan dengan barang haram tersebut. "Ini komitmen kami dalam turut serta memberantas narkoba," tambahnya. (dkp)

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved