Berita CPNS

Jimat Bikin Alat Metal Detektor Bunyi, Satu Peserta CPNS di Kuansing Riau Bawa Inggu untuk Jaga Diri

Jimat disebut Inggu (bahasa lokal Kuansing). Inggu sejenis jimat yang di dalamnya terdapat beberapa unsur, ada kemenyan, logam dan lainnya.

Tribun Pekanbaru/Palti Siahaan
Peserta CPNS di Kuansing melewati pemeriksaan metel detector. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, TELUK KUANTAN - Hari pertama pelaksanaan ujian SKD CPNS di Kuansing, Rabu (19/2/2020), satu peserta kedapatan membawa jimat.

"Ada satu peserta yang ketahuan bawa jimat. Tadi sudah suruh buka," kata Plt Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kuansing, Hendri Siswanto, Rabu (19/2/2020).

Hendri menjelaskan jimat tersebut disebut Inggu (bahasa lokal Kuansing). Inggu sejenis jimat yang di dalamnya terdapat beberapa unsur, ada kemenyan, logam dan lainnya.

Peserta ketahuan membawa jimat saat pemeriksaan metal detector, alat berbunyi saat dia lewat.
Kepada panitia, si peserta mengatakan jimat itu untuk jaga diri. Sudah sejak kecil si peserta memakai hal tersebut.

"Katanya untuk jaga diri. Biar jangan tegar (takut). Sudah dari kecil katanya pakai itu," ujar Hendri.

Ia belum bisa memastikan apakah jimat tersebut berkaitan dengan ujian. Namun karena tidak sesuai aturan, maka jimat tersebut harus dilepas. Si peserta pun tetap bisa ujian setelah jimat dilepas. "Sesuai aturan harus dilepas," ucapnya.

Peserta tersebut masuk dalam sesi 3 yang ujian pukul 12.00 wib.
"Dia tetap bisa ujian. Dia kan masuk sesi 3. Ketahuan saat pemeriksaan mau masuk ruang isolasi," terangnya.

Sejauh ini, Hendri mengatakan belum ada ditemukan peserta yang membawa contekan. Temuan masih hanya jimat itu saja. "Bagaimana mau bawa contekan. Pemeriksaan berlapis gitu," ucapnya sembari tertawa.

Hendri kembali mengingatkan peserta agar mengandalkan diri sendiri dalam ujian ini. Sehingga fokus dalam menjawab soal. "Fokus sajalah ujian," pintanya.

Ditambahkannya, hari pertama ujian SKD, sebanyak 83 peserta tidak hadir. Diperkirakan peserta yang absen tersebut merupakan peserta luar provinsi.

Halaman
123
Penulis: Dian Maja Palti Siahaan
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved