Ketua KONI Pusat Ingatkan KONI Riau Agar Gunakan Dana APBD dengan Bijak dan Sesuai Aturan

Ketua KONI Pusat, Marciano Norman, mengingatkan penggunaan dana hibah ABPD untuk persiapan PON bisa dilakukan, namun harus bisa dipertanggungjawabkan

Ketua KONI Pusat Ingatkan KONI Riau Agar Gunakan Dana APBD dengan Bijak dan Sesuai Aturan
Internet
Logo KONI

tribunpekanbaru.com - Ketua KONI Pusat, Marciano Norman, mengingatkan pengurus KONI Riau agar menggunakan dana hibah di APBD untuk persiapan tim Riau ke PON Papua Oktober mendatang. Namun penggunaannya tetap harus bisa dipertanggungjawabkan.

"Meski dana hibah, KONI harus bisa mempertanggungjawabkan dengan baik. Sudah ada aturannya," kata Marciano menjawab Tribun kemarin di Pekanbaru.

Sekadar diketahui, KONI Riau mendapatkan dana hibah di APBD Riau 2020 sebesar Rp20 miliar. Anggaran tersebut akan digunakan untuk persiapan menghadapi PON Papua. Karena bersumber dari APBD, Marciano mewanti-wanti pengurus KONI Riau agar menggunakan dana tersebut tepat sasaran.

"KONI Riau beruntung dapat perhatian Pemprov dan pihak swasta. Tak semua KONI di Indonesia dapat keberuntungan seperti Riau. Jadi harus bijak menggunakan, terutama dana dari APBD," sebutnya.

Mantan Kepala BIN ini juga mengapresiasi pergerakan KONI Riau dalam mempersiapkan tim PON. Bahkan beberapa perusahaan di Riau sudah bersedia membantu.

"Kita minta KONI mencari solusi itu (kekurangan anggaran). Seperti atlet lempar cakram yang kecelakaan. Lindungi mereka, mari kita dorong pejuang olahraga ini dan berikan perhatian semaksimal mungkin. Termasuk memberi asuransi kepada atlet dan pelatih," ujarnya.

Ketua KONI Riau, Emrizal Pakis, sejak awal menegaskan bahwa anggaran Rp20 miliar di APBD masih jauh dari kebutuhan. Dengan jumlah atlet Riau yang lolos ke PON Papua, total anggaran yang dibutuhkan KONI Riau Rp43 miliar. Artinya masih ada kekurangan Rp23 miliar lagi, dan diharapkan KONI Riau bisa dianggarkan di APBD Perubahan 2020 serta bantuan dari perusahaan.

Sejauh ini, baru sekitar 5-6 perusahaan yang bersedia membantu, namun belum dipastikan bantuannya seperti apa. Hingga pekan ketiga Februari ini, baru PT Agung yang membantu satu unit bus untuk keperluan atlet Riau bersiap menghadapi PON Papua. (saf)

Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved