Knalpot Silent Bikin Mobil Tampil Racing Tanpa Bising, Penggunaan BBM Lebih Irit

Untuk pemakaian sehari-hari, sebaiknya kendaraan menggunakan knalpot yang tidak membuat bising.

Knalpot Silent Bikin Mobil Tampil Racing Tanpa Bising, Penggunaan BBM Lebih Irit
tribun pekanbaru
Knalpot silent bikin mobil tetap tampil racing. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Suara knalpot kendaraan sering menimbulkan masalah karena bising. Petugas kepolisian dari Satuan Lalu Lintas bahkan telah beberapa kali menertibkan knalpot bising.

Untuk pemakaian sehari-hari, sebaiknya kendaraan menggunakan knalpot yang tidak membuat bising. Namun tetap dengan knalpot racing untuk performa kendaraan.

Defri Silia dari Ironcrafts Performance Pekanbaru mengungkapkan, knalpot dibedakan berdasar karakter suara.

"Untuk pemakaian sehari-hari, bisa pasang knalpot silent. Supaya tidak mengganggu namun tetap racing," kata dia, Selasa (18/2/2020).

Menurut Defri, knalpot silent merupakan varian muffler terhalus pada Ironcrafts. Varian ini didesain dengan reverse flow. Pada setiap pipa dalam chamber muffler dibungkus glasswool.

"Sehingga menghasilkan suara yang halus layaknya mobil standar. Penggunaan knalpot tipe ini baik untuk mobil bersilinder hingga 1.600 cc,” ujar Defri.

Lebih lanjut dia menjelaskan, tipe muffler ini bisa hanya dengan penambahan resonator saja. Menurut dia, keunggulan dari penggunaan tipe ini, tenaga mesin kendaraan lebih enteng.

"Bahkan pemakaian BBM juga lebih irit. Paling sedikit 15 liter per kilometer. Bisa mencapai 18 liter per kilometer," sebut Defri.

Berbeda untuk kendaraan bersilinder 1.800 cc ke atas. Ia merekomendasikan tipe dual flow. Tipe ini menambah performa mobil dengan dua muffler tip.

"Karakter suaranya high pitch," kata Defri. Ia mengemukakan, tipe ini banyak diburu untuk mobil keluaran Eropa. Baik jenis sedan maupun MPV atau SUV.

Halaman
123
Penulis: Fernando Sihombing
Editor: ihsan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved