Begini Cara Ibu-Ibu Bhayangkari Polda Riau Melestarikan Batik Melayu Riau

Ada semangat yang tinggi pada ibu-ibu Bhayangkari dan Dharma Pertiwi di Riau untuk melestarikan budaya batik.

Begini Cara Ibu-Ibu Bhayangkari Polda Riau Melestarikan Batik Melayu Riau
istimewa
Cara Bhayangkari polda Riau melestarikan Batik Melayu Riau. 

Begini Cara Ibu-Ibu Bhayangkari Polda Riau Melestarikan Batik Melayu Riau

TRIBUNPEKANBARU.COM - Ada semangat yang tinggi pada ibu-ibu Bhayangkari dan Dharma Pertiwi di Riau untuk melestarikan budaya batik.

Untuk itu ibu Bhayangkari Riau ingin membudayakan membatik, karena batik merupakan jati diri bangsa Indonesia.

Hal ini terlihat saat kunjungan kerjanya ke Dumai akhir pekan lalu, di sana istri Kapolda Riau yang juga ketua Daerah Bhayangkari Riau, Ernie Agung Setya bersama sejumlah pengurus Bhayangkari di Riau disambut dan dibawa membatik oleh ketua Bhayangkari cabang Dumai Tengku Fiola Ananta.

Di sana Ernie bersama rombongan sempat membatik bersama dengan motif khas Kota Dumai yakni motif pohon manggrove yang sudah terkenal dari kota Minyak tersebut.

Mereka membatik di kawasan bakau yang merupakan tempat membatik milik warga di Kota Dumai tersebut.

Ernie yang didampingi wakil Ketua Bhayangkari Riau dan Ketua Yayasan Kemala Bhayangkari itu suka dengan motif pohon manggrove Dumai tersebut.

"Jadi pesannya bagaimana agar tetap kita lestarikan batik yang telah diakui UNESCO sebagai sebuah warisan dunia," ujar Ernie Agung Setya kepada tribunpekanbaru.com.

Apapun motifnya, menurut Ernie, budaya membatik adalah budaya bangsa yang harus dilestarikan sehingga sampai anak cucu nantinya tetap mengetahui karya leluhur mereka.

"Tentu apapun motifnya di Riau harus kita lestarikan bersama, di Riau juga sudah banyak motif yang harus kita lestarikan dan budayakan ke anak dan cucu kita," jelas Ernie.

Selain membatik, Ernie Agung Setya bersama rombongan menanam manggrove, membersihkan sampah, dan berbagi bersama warga di lokasi hutan mangrove bandar bakau kota Dumai.

Ernie Agung Setya berharap pengurus Bhayangkari yang ada di Riau memiliki komitmen, terutama bagaimana dapat berbuat positif untuk kepentingan masyarakat. 

Apalagi sejauh ini seluruh anggota Bhayangkari di Riau dapat saling bahu membahu terutama untuk melaksanakan kegiatan positif bersentuhan langsung dengan masyarakat.

"Dengan kekompakan dan kebersamaan yang di jalin secara tidak langsung sangat berdampak positif terutama untuk mewujudkan program yang sudah direncanakan,"ujar Ernie Agung Setya.

( Tribunpekanbaru.com / Nasuha Nasution )

Penulis: Nasuha Nasution
Editor: Ilham Yafiz
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved