Breaking News:

Berita Riau

Calon Perseorangan Nihil,Antisipasi Pemilih Ganda, Bawaslu Meranti Riau Awasi Coklit Data Pemilih

KPU Kepulauan Meranti menyampaikan bahwa tidak ada calon yang mendaftar melalui jalur perseorangan.

Penulis: Teddy Tarigan | Editor: Nurul Qomariah
Tribun Pekanbaru
Pasangan Falzan-Iskandar sambangi kantor KPU kepulauan Meranti, Minggu (23/2/2020). Pasangan jalur perseorangan ini batal mendaftar ke KPU karena dukungan tidak mencukupi. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, KEPULAUAN MERANTI - Sampai batas akhir pendaftaran calon perseorangan Pilkada Kepulauan Meranti 2020 berakhir Minggu (23/2/2020) pukul 00.00 WIB kemarin, tidak ada satupun calon yang mendaftar.

KPU menyampaikan bahwa tidak ada calon yang mendaftar melalui jalur perseorangan.

"Sampai tadi malam kami di kantor KPU tidak ada yang mendaftar, tadinya ada yang mau mendaftar tapi pada akhirnya tidak jadi itu dari Pak Falzan," ujar Kordiv Parmas dan SDM KPU Kepulauan Meranti, Hanafi SSos, Senin (24/2/2020).

Dengan berakhirnya tahapan pendaftaran jalur perseorangan, Hanafi mengatakan saat ini pihaknya tengah mempersiapkan pembentukan dan pelantikan PPS dan PPK.

"Tanggal 29 kita pelantikan PPK, hari ini terakhir pendaftaran PPS, kalau seandainya hari ini full kuota 6 tiap desa untuk PPS maka kita tidak akan memperpanjang waktu lagi," ujar Hanafi.

Selain itu dikatakan Hanafi pihaknya juga akan membentuk Petugas Pemutakhir Data Pemilih (PPDP) untuk melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) pada April mendatang.

Bawaslu Kepulauan Meranti juga memberikan perhatian khusus sebagai fungsi pengawasan terhadap berjalannya proses pilkada.

Ketua Bawaslu Meranti Syamsurizal mengatakan, sebelumnya akan ada bakal calon yang mendaftar melalui jarus perseorangan atau independen. Hanya saja akhirnya tidak mendaftarkan diri karena merasa tidak mengantongi cukup dukungan.

"Kalau Bawaslu melaksanakan tugas pengawasan, ada contohnya ada yang mendaftar di daerah misalnya dibatalkan disitulah kewenangan Bawaslu. Berbeda yang kemarin tidak mendaftarkan karena mereka sadar persyaratan mereka tidak memenuhi. Jadi tidak ada sengketa di sana,"
ujarnya.

Untuk mengawasi hal itu pihak Bawaslu juga menyiapkan orangnya untuk mengawasi pendaftaran jalur perseorangan tutup hingga pukul 00.00 WIB.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved