Hadapi Hoax dan Era Keterbukaan Informasi, Ini yang Dilakukan Kanwil Kemenkumham Riau

Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM) Kemenkumham Provinsi Riau, menggelar kegiatan pelatihan public speaking

Hadapi Hoax dan Era Keterbukaan Informasi, Ini yang Dilakukan Kanwil Kemenkumham Riau
tribunpekanbaru.com
Kemenkumham Riau menggelar pelatihan Public Speaking dan membangun komunikasi dengan Media, Rabu (26/2/2020) 
Hadapi Hoax dan Siapkan Diri Hadapi Keterbukaan Informasi, Ini yang Dilakukan Kanwil Kemenkumham Riau
TRIBUNPEKANBARU.COM - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM) Kemenkumham Provinsi Riau, menggelar kegiatan pelatihan public speaking dan strategi membangun komunikasi dengan media, Rabu (26/2/2020).
Pelatihan itu digelar dalam rangka mempersiapkan kemampuan teknis bagi pegawai di lingkungan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM) Kemenkumham Provinsi Riau agar siap menghadapi keterbukaan informasi seperti saat sekarang ini
Kegiatan ini sendiri, diikuti oleh puluhan pegawai dari sejumlah UPT. Mulai dari Kanwil Kemenkumham, Rutan dan Pemasyarakatan, serta Imigrasi.

Para pegawai pun dengan antusias mengikuti rangkaian kegiatan. Mereka menjadi tahu banyak, tentang bagaimana mengelola informasi yang baik dan benar bagi publik.

Tak hanya itu, lewat pelatihan ini, para pegawai diharapkan mampu meminimalisir kesimpangsiuran pemberitaan dan mengantisipasi hoax.

Kegiatan bimtek yang berlangsung selama satu hari tersebut, dibuka secara resmi oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Riau, Lucky Agung Binarto. 

Para peserta mulai dari Kepala Rutan, Kepala Imigrasi, Kepala Pemasyarakatan, serta perwakilan humas dari masing-masing UPT di wilayah kerja Kemenkumham Riau. 

Selain mendapatkan materi dari para nara sumber yang berkompeten, mereka juga bisa ikut praktik langsung, bagaimana mengumpulkan informasi lewat metode wawancara dan membuat naskah pemberitaannya.

Kepala Kanwil Kemenkumham Riau Lucky Agung Binarto melalui Kepala Divisi Pemasyarakatan, Maulidi Hilal mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk memberikan informasi yang valid kepada masyarakat dan media.

Kegiatan ini juga menjadi tolak ukur, bagaimana para pegawai terkait bisa menyampaikan informasi dan mempublikasikannya ke publik dengan baik.

"Sesuai dengan arahan dari Dirjen Permasyarakatan Kemenkumham, ini merupakan pelatihan perdana yang kita berikan kepada jajaran pegawai untuk bidang publik speaking dan jurnalistik. Kami membuka diri, untuk menjalin komunikasi serta memberikan informasi kepada masyarakat dan media," kata Hilal.

Dia menegaskan, pihaknya ingin merubah imej dan perspektif negatif yang ada selama ini di masyarakat.

"Banyak kegiatan positif dan prestasi yang berhasil kami torehkan. Dengan adanya keterbukaan sistem informasi saat ini, kini masyarakat bisa mengakses segala informasi yang dibutuhkan secara

cepat dan transparan. Ini yang ingin kita sajikan ke masyarakat," tuturnya.( Tribunpekanbaru.com / Rizky Armanda)

Editor: rinalsagita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved