Ikut Gotong-royong di Teluk Binjai, Wako Dumai Temukan Banyak Jentik Nyamuk di Drainase

Wali Kota Dumai Zulkifli AS ikut bergotong-royong bersama warga di Kelurahan Teluk Binjai, Kecamatan Dumai Timur.

Ikut Gotong-royong di Teluk Binjai, Wako Dumai Temukan Banyak Jentik Nyamuk di Drainase
tribun pekanbaru
Wali Kota Dumai Zulkifli AS, menemukan banyak jentik nyamuk di drainase Jalan Merdeka, Teluk Binjai, saat ikut gotong-royong bersama warga, Minggu (1/3). 

tribunpekanbaru.com - Wali Kota Dumai Zulkifli AS, ikut bergotong-royong bersama masyarakat di Kelurahan Teluk Binjai, Dumai Timur, tepatnya di Jalan Merdeka, Minggu (1/3). Zulkifli AS ingin memberikan contoh yang baik agar masyarakat mau aktif membersihkan lingkungan sekitar agar terhindar dari penyakit.

Gotong-royong tersebut juga diikuti Ketua MPC Pemuda pancasila (PP) Dumai Selatan bersama anggotanya.

Saat bergotong royong bersama masyarakat, Zulkifli AS menemukan banyak jentik nyamuk di drainase Jalan Merdeka, yang berdekatan langsung dengan pemukiman masyarakat.

Melihat itu, Zulkifli AS langsung meminta masyarakat sekitar bersama-sama bergotong-royong melaksanakan program 3M, yakni mengubur, menguras, dan menutup, agar jentik nyamuk tidak berkembang.

"Jentik nyamuk ini kan berbahaya. Dengan lingkungan yang kotor dan banyak wadah yang membuat nyamuk aedes aegypti bisa berkembang biak, dan membuat penyakit DBD menyebar," katanya.

Wako menerangkan, dengan gotong-royong ini, diharapkan dapat menghasilkan lingkungan yang bersih, sehingga masyarakat sekitar terhindar dari penyakit. Karena lingkungan yang kotor dan tidak bersih akan menimbulkan berbagai macam penyakit.

Zulkifli AS juga mengaku telah menginstruksikan kepada Camat dan Lurah se-Kota Dumai, untuk melakukan gotong-royong seminggu sekali bersama masyarakat.

"Saya yakin dengan adanya gotong-royong setiap minggu, lingkungan akan menjadi bersih dan masyarakat terhindar dari penyakit," tuturnya.

Selain melakukan gotong-royong, pihaknya juga melakukan sosialisasi pemberantasan sarang nyamuk kepada masyarakat, sekaligus memberikan bubuk abate dan melakukan fogging. "DBD ini berbahaya, dapat merenggut nyawa, jadi biasakan hidup bersih dimulai dari lingkungan kita sendiri dan lingkungan sekitar," katanya berpesan.

Zulkifli AS yang didampingi Camat Dumai Timur Zulfahren, Lurah Teluk Binjai, Roby Hermawan, menyebut gotong-royong ini juga sekaligus menjadi ajang silaturahmi dengan mayarakat sekitar.

"Kalau lah silaturahmi terjaga dengan baik, maka lingkungan akan makin aman dan nyaman. Dan biasanya juga berdampak pada lingkungan yang saling menjaga kebersihan. Semoga dengan gotong-royong ini lingkungan bersih, masyarakat terhindar dari penyakit," katanya. (dkp)

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved