Musim Kemarau di Riau

Kemarau Kering Landa Pelalawan Riau, Satu Hektar Lahan di TNTN Terbakar Langsung Dipadamkan

Sekitar satu hektar lahan terbakar di Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) Desa Air Hitam Kecamatan Ukui Kabupaten Pelalawan.

Kemarau Kering Landa Pelalawan Riau, Satu Hektar Lahan di TNTN Terbakar Langsung Dipadamkan
Tribun Pekanbaru/Theo Rizky
FOTO ILUSTRASI - Tim gabungan berusaha memadamkan kebakaran hutan dan lahan di kawasan Taman Nasional Tesso Nilo, tidak jauh dari gerbang masuk Camp Flying Squad WWF dan guest house Balai TNTN, Desa Lubuk Kembang Buga, Kecamatan Ukui, Kabupaten Pelalawan, Selasa (13/8/2019). (TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY). 

PELALAWAN - Sekitar satu hektar lahan terbakar di Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) Desa Air Hitam Kecamatan Ukui Kabupaten Pelalawan pada Sabtu (29/2/2020) saat Riau dilanda kemarau.

Kebakaran lahan tersebut berhasil ditangani tim gabungan dari rayon kecamatan.

Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang timbul di areal TNTN langsung dipadamkan personil gabungan hingga api berhasil dijinakan.

Areal yang terbakar dilakukan pendinginan untuk memadamkan bara api serta asap yang masih timbul. Petugas pulang setelah api dan asap tidak lagi muncul.

"Langsung padam kemarin, karena tim rayon bekerja dengan cepat menggunakan peralatan yang ada. Tanpa melibatkan tim dari rayon lain atau tim kabupaten," tutur Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pelalawan, Hadi Penandio, kepada tribunpekanbaru.com, Minggu (1/3/2020).

Hadi Penandio menyebutkan, pola pemadaman titik api yang muncul di Pelalawan memang menggunakan sistem per rayon yang telah dibentuk dan dijalankan sejak tahun lalu.

Hasilnya dinilai sangat optimal dalam menanggulangi Karhutla yang muncul di 12 kecamatan.

Setiap titik api yang terpantau dilakukan pengecekan oleh anggota tim rayon untuk memastikan kondisi di lapangan.

Jika memang api sudah muncul, tim yang lebih banyak menyusul membawa peralatan yang dibutuhkan dalam upaya pemadaman.

Ketika api semakin membesar dan tak bisa ditanggulangi tim rayon, segera dikoordinasikan dengan tim satgas tingkat kabupaten.

Halaman
12
Penulis: johanes
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved