Warga Miskin akan Kelola Warung Madani, Gerakan Wakaf Segera Diluncurkan di Pekanbaru

Gerakan Wakaf Madani akan bergulir pada 11 Maret 2020. Gerakan ini satu upaya memberdayakan masyarakat kurang mampu di Kota Pekanbaru.

Warga Miskin akan Kelola Warung Madani, Gerakan Wakaf Segera Diluncurkan di Pekanbaru
Tribun Pekanbaru/Istimewa/ACT
Global Wakaf ACT Bangun Fasilitas Air Bersih untuk Warga Dusun Sigatal Provinsi Riau 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Gerakan Wakaf Madani akan bergulir pada 11 Maret 2020. Gerakan ini satu upaya memberdayakan masyarakat kurang mampu di Kota Pekanbaru.

Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi membahas rencana gerakan ini bersama sejumlah pihak di ruang Rapat Wakil Walikota Pekanbaru, Senin (2/3/2020).

Ayat diskusi dengan Perwakilan Badan Wakaf Kementerian Agama Pekanbaru, ACT Global Wakaf dan PT Sarana Pangan Madani.

"Nanti kita akan gelar pengumpulan dana wakaf untuk mendirikan 83 rumah pangan madani di kelurahan," ujar Ayat usai diskusi.

Rumah pangan ini nantinya dikelola oleh masyarakat kurang mampu. Modal usaha berasal dari wakaf produktif.

"Program ini juga upaya dalam pengentasan kemiskinan. Ada satu masyarakat kurang mampu di kelurahan mengelola rumah pangan itu," terangnya.

Koordinator ACT dan Global Wakaf Sumatera, Ronio Romantika mengatakan, pada 11 Maret mendatang juga diisi dengan forum diskusi seputar wakaf. Mereka akan membahas tentang tata kelola dana wakaf.

"Kami juga menggalang dana wakaf, yang nantinya ditargetkan untuk membantu perekonomian masyarakat kurang mampu," paparnya.

Ia pun mengajak masyarakat untuk datang dalam kegiatan ini. Ada rencana diskusi dalam Gerakan Wakaf Madani juga dihadiri berbagai kalangan.

Direktur PT Sarana Pangan Madani, Ade Putra Daulay menyebut bahwa tahun 2020 merupakan tahun pertama Gerakan Wakaf Madani. Terdapat 83 rumah pangan madani yang terbentuk di seluruh kelurahan.

"Saat ini kita mulai menjaring yang bakal mengelola warung madani. Dana wakaf nantinya adalah wakaf produktif bagi masyatakat miskin," ujarnya.

Nantinya pada tahun 2021 ada rencana jangkauan Gerakan Wakaf Madani diperluas. Ada rencana dibentuk di setiap RW. (Tribunpekanbaru.com/Fernando Sikumbang)

Penulis: Fernando
Editor: ihsan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved