Warga Diimbau Waspadai Gelaja Flu, 21 Puskesmas di Pekanbaru Siap Tangani Kasus Corona

Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru menyiagakan 21 puskesmas untuk penanganan awal pasien yang terindikasi virus corona.

Warga Diimbau Waspadai Gelaja Flu, 21 Puskesmas di Pekanbaru Siap Tangani Kasus Corona
Tribun Pekanbaru/Doddy Vladimir
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir saat memberikan keterangan kepada wartawan saat konfrensi pers mengenai antispasi kesiapsiagaan Provinsi Riau dalam pencegahan dan penyebaran kasus corona virus, Selasa (3/3/2020). (www.tribunpekanbaru.com/Doddy Vladimir) 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru menyiagakan 21 puskesmas untuk penanganan awal pasien yang terindikasi virus corona.

Termasuk Rumah Sakit Daerah (RSD) Madani di Jalan Garuda Sakti, Kota Pekanbaru.

"Masyarakat yang merasakan gejala flu dan demam tinggi, bisa melakukan langkah antisipasi dengan datang ke puskesmas," ujar Plt Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Muhammad Amin kepada Tribun, Selasa (3/3/2020).

Lebih lanjut Amin mengatakan, keberadaan 21 puskesmas ini dapat dengan mudah dijangkau oleh masyarakat. Karena lokasi tidak jauh dari pemukiman warga.

Warga bisa mengakses layanan kesehatan di puskesmas tersebut ketika merasakan indikasi virus corona. "Nantinya bila perlu penanganan lebih lanjut, kita rujuk ke rumah sakit," jelasnya.

Dinas Kesehatan sedang menyiapkan surat edaran dari walikota Pekanbaru terkait upaya dalam penanganan virus corona. Mereka juga koordinasi dengan tim terpadu Pemerintah Provinsi Riau.

Termasuk koordinasi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan yang sudah menyiapkan alat termo scanner di bandara.

Sebab Pekanbaru merupakan kota bisnis dengan mobilitas cukup padat. Diskes terus mengoptimalkan sosialisasi kepada masyarakat.

Amin mengimbau masyarakat agar menjaga kesehatan dan stamina. "Masyarakat diimbau mengenakan masker saat berada di luar ruangan. Apalagi saat berada di pusat keramaian," terangnya.

Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Hamdani mengingatkan agar pemko cepat tanggap dalam upaya penanganan virus corona. Apalagi sudah ada surat edaran dari Gubernur Riau.

Halaman
12
Penulis: Fernando
Editor: ihsan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved