Breaking News:

Waspada Virus Corona di Riau

Waspada Virus Corona di Riau, Dirut RSUD Dumai : Kami Siap Tangani Pasien Terinfeksi Virus Corona

Menjadi salah satu Rumah sakit (RS) rujukan di Provinsi Riau, Rumah Sakit Umum daerah (RSUD) Dumai telah menyiapkan berbagai hal untuk menangani

Penulis: Donny Kusuma Putra | Editor: Nolpitos Hendri
Tribun Pekanbaru/Kompas.com
Waspada Virus Corona di Riau, Dirut RSUD Dumai : Kami Siap Tangani Pasien Terinfeksi Virus Corona-Ilustrasi virus 

Waspada Virus Corona di Riau, Dirut RSUD Dumai : Kami Siap Tangani Pasien Terinfeksi Virus Corona

TRIBUNPEKANBARU.COM, DUMAI - Menjadi salah satu Rumah sakit (RS) rujukan di Provinsi Riau, Rumah Sakit Umum daerah (RSUD) Dumai telah menyiapkan berbagai hal untuk menangani jika ada pasien yang terinfeksi virus Corona.

Direktur RSUD Dumai, Ridhonaldi mengatakan, untuk alat pelindung diri (APD) sudah ada dan siap di RSUD Dumai sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang telah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan.

Ia menambahkan, APD ini nantinya digunakan untuk pencegahan sekaligus menangani pasien yang terinfeksi virus Corona.

Selain itu kata Ridhonaldi, RSUD Dumai juga membeli masker N95 sebanyak 1.000 Pisces, hal ini dalam rangka menyiapkan langkah antisipasi virus corona.

"Kita juga telah membentuk tim medis yang nantinya khusus menangani pasien virus corona jika ada, ya mudah-mudahan jangan sampai ada lah di kota Dumai ini," katanya pada Selasa (3/3/2020)

Ridhonaldi mengungkapkan, pihak RSUD Dumai telah menyiapkan dua tempat tidur untuk rawat inap pasien yang jika terjangkit virus Corona.

"Ruangan khusus terisolasi dengan dua tempat tidur telah kita siapkan di RSUD Dumai. Jika ditemukan pasien positif corona kami akan melakukan penanganan intensif di RSUD Dumai," sebutnya.

Selain itu, tambahnya, RSUD juga telah mempersiapkan obat - obatan seperti obat penurun panas akibat terinfeksi, termasuk obat untuk membunuh bakteri yang mengakibatkan suhu badan naik akibat virus tersebut.

"Kita akan terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti Dinas Kesehatan, Kantor Kesehatan Pelabuhan dan Instansi terkait lainnya untuk melakukan antisipasi masuknya virus Corona ke Dumai, dan menindaklanjuti jika ditemukan pasien yang terjangkit virus Corona," sebutnya.

‎Ridhonaldi menghimbau kepada masyarakat untuk hidup sehat, dan selalu mencuci tangan, dengan begitu masyarakat bisa mencegah penularannya virus corona.

"Kita juga sudah berkoordinasi dengan pihak puskesmas se kota Dumai, jika menemukan ciri ciri masyarakat yang terjangkit virus corona segera laporkan dan langsung di rujuk ke RSUD. Buan hanya itu saja, jika ada salah satu keluarga yang terjangkit maka seluruh keluarga akan di isolasi karena masa inkubasi virus ini 14 hari, semuanya sudah kita siapkan," pungkasnya.

Waspada Virus Corona di Riau - Tribunpekanbaru.com / Donny Kusuma Putra.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved