Breaking News:

Karhutla di Riau 2020

ATASI Karhutla di Riau 2020, Helikopter Bantuan KLHK Tiba di Pekanbaru Digunakan untuk Water Bombing

Satu unit Helikopter jenis Bell 412 bantuan dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) tiba di pangkalan udara Lanud Roesmin Nurjadin

Penulis: Syaiful Misgio | Editor: Nolpitos Hendri
tribun pekanbaru
ATASI Karhutla di Riau 2020, Helikopter Bantuan KLHK Tiba di Pekanbaru Digunakan untuk Water Bombing. Helikopter menjatuhkan bom air saat memadamkan karhutla di Desa Rimbo Panjang, Kabupaten Kampar, Rabu (9/10). Karhutla di kawasan ini sudah memasuki hari ketiga. 

ATASI Karhutla di Riau 2020, Helikopter Bantuan KLHK Tiba di Pekanbaru Digunakan untuk Water Bombing

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Satu unit Helikopter jenis Bell 412 bantuan dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) tiba di pangkalan udara Lanud Roesmin Nurjadin pada Rabu (4/3/2020)..

Helikopter bantuan dari KLHK ini dikirim ke Riau untuk membantu proses pemadaman Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang terjadi di sejumlah daerah di Riau.    

"Helikopter Bell 412 ini mampu mengangkut air untuk water bombing mulai dari 1500 hingga 3000 liter air," kata Radian Bagiyono, Kasubdit Penanggulangan Karhutla, Kementrian LHK, di Pekanbaru, Rabu (4/3/2020).

Ini merupakan Helikopter pertama yang dikirim dari pemerintah pusat untuk membantu proses pemadaman Karhutla di Riau.

Sebelumnya proses pemadaman melalui jalur udara dilakukan dengan hanya mengandalkan Helikopter milik perusahaan saja.

"Untuk sementara kita kirim satu unit dulu, ini utuk mengisi sebelum Helikopter bantuan dari BNPB masuk ke Riau. Karena selama ini kan Helikopter yang ada baru Helikopter milik swasta, dari pemerintah kan belum ada. Makanya sore ini kita kirimkan satu Helikopter kesini," ujarnya.

Selain digunakan untuk water bombing, Helikopter bantuan dari KLHK ini juga bisa dimanfaatkan untuk patroli dan pengawasan, sehingga selain untuk pemadaman juga bisa dilakukan untuk pencegahan.

"Kita di KLHK ini sebenarnya fokusnya lebih ke pencegahan. Baik partorli darat maupun patroli udara itu merupakan salah satu upaya kita dalam melakukan pencegahan," kata Radian.

Sementara Kepala BPBD Riau, Edwar Sanger mengungkapkan, selain bantuan Helikopter dari KLHK, Satgas Udara juga akan mendapatkan kiriman bantuan Helikopter dari BNPB.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved